kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Begini langkah menggunakan Kereta Bandara


Rabu, 27 Desember 2017 / 12:34 WIB
Begini langkah menggunakan Kereta Bandara


Reporter: Jane Aprilyani | Editor: Rizki Caturini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kereta bandara mulai dioperasikan. Namun belum banyak masyarakat yang mengetahui operasional kereta bandara ini.   

President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin menjelaskan, pada tahap awal, KA Bandara melayani penumpang dari stasiun-stasiun seperti; Stasiun Sudirman Baru (BNI City), Batu Ceper dan Bandara Soekarno-Hatta. Nantinya setelah beroperasi normal, KA Bandara juga akan berhenti di Stasiun Sudirman.

Di stasiun, penumpang bisa membeli tiket di vending machine yang berjejer. Untuk menuju tempat pembelian tiket atau vending machine, penumpang harus naik ke lantai dua. Sistem pembayaran kereta bandara ini tidak menggunakan uang tunai alias sudah sistem cashless.

“Tampilan papan petunjuk yang modern dan mudah dikenali memang harus digunakan. Penggunaan ikon yang jelas untuk papan nama dan penerangan yang sesuai. Ini juga sesuai dengan rekomendasi dari Skytrax,” jelas Awaluddin dalam siaran pers.

Pembayaran hanya dengan kartu debit atau kartu kredit. Penumpang akan diminta untuk memasukkan nama, nomor ponsel serta alamat email. 

Pembelian tiket KA bandara juga bisa dilakukan via aplikasi Railink. “Aplikasi ini sudah bisa diunduh di Play Store dan di Apple App Store,” ujar Awaluddin.

Penumpang juga bisa membeli tiket dengan membuka laman https://reservation.railink.co.id. Pembelian online melayani pembayaran via internet banking dan Doku Wallet.

Di stasiun Sudirman Baru perjalanan KA pertama akan dimulai pada pukul 03.47 dan terakhir pada 21.47. Sementara dari stasiun Bandara Soekarno-Hatta KA pertama akan berangkat pada pukul 06.10 dan terakhir pada 23.10. Jadwal keberangkatan kereta akan berjarak setiap 30 menit.

Saat di Bandara Soekarno-Hatta, penumpang juga bisa langsung memanfaatkan fasilitas penunjang lainnya. Untuk mobilitas perpindahan antar terminal yaitu Sky Train atau Kereta Layang (KALAYANG).

Sky Train atau KALAYANG di Bandara Internasional Soekarno-Hatta mulai tanggal 26 Desember 2017 ini akan beroperasi selama 20 jam sehari mulai pukul 04.27 - 00.17. 

Selain itu penumpang juga bisa memilih menggunakan bus antar terminal. “Kami berharap dengan adanya fasilitas-fasilitas baru ini dapat mengantarkan Bandara Internasional Soekarno-Hatta sebagai salah satu bandara terbaik di dunia yang masuk di jajaran Skytrax bintang 5,” ujarnya.

Ke depan, pembangunan KALAYANG tahap II akan dapat menyambungkan keseluruhan area bandara. Saat ini jalurnya adalah terminal 1, terminal 2, Integrated Building dan terminal 3. Nantinya terhubung dengan terminal 4 serta Sky Hub (commercial area).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×