kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45975,16   -1,28   -0.13%
  • EMAS915.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.19%
  • RD.CAMPURAN -0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Begini strategi Semen Baturaja (SMBR) untuk mencapai target bisnis tahun ini


Selasa, 07 September 2021 / 16:21 WIB
Begini strategi Semen Baturaja (SMBR) untuk mencapai target bisnis tahun ini
ILUSTRASI. Pabrik PT Semen Baturaja Tbk (SMBR)

Reporter: Vina Elvira | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten semen, PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) optimistis kinerja di semester kedua tahun 2021 akan lebih baik dibandingkan pencapaian di semester pertama lalu. Hal ini didorong oleh program pemulihan ekonomi (PEN) dan juga vaksinasi yang sudah mulai berjalan di wilayah pasar utama perseroan, yakni Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel). 

"Kami yakin pertumbuhan di semester dua akan lebih baik daripada semester pertama. Sehingga kami bisa mengejar target-target seperti yang diharapkan oleh para pemegang saham," ungkap Direktur Utama Semen Baturaja, Jobi Triananda Hasjim dalam Paparan Publik Virtual, Selasa (7/9).

Berdasarkan catatan Kontan.co,id, Semen Baturaja membidik pertumbuhan bisnis yang cukup impresif di tahun ini. Manajemen memproyeksikan volume penjualan akan tumbuh 11% dibandingkan realisasi pada tahun 2020. 

SMBR belum bisa membeberkan secara detail bagaimana kinerja perusahaan sampai Agustus tahun ini. Yang terang Jobi bilang, tren di bulan Agustus cukup positif dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Sehingga perseroan pun yakin kinerja di semester kedua akan tumbuh sesuai dengan prediksi pertumbuhan ekonomi dari pemerintah. 

Keoptimisan perseroan juga didasari oleh pencapaian positif yang berhasil diraih perseroan di semester pertama. Di mana SMBR berhasil mencatatkan pendapatan sebesar Rp 763,63 miliar atau meningkat 14% dari realisasi di semester pertama tahun lalu senilai Rp 671,82 miliar. 

"Seluruh kinerja positif yang diperoleh merupakan keberhasilan dari inisiatif strategi SMBR dalam melakukan efisiensi biaya produksi dan biaya usaha," ujar Jobi. 

Untuk memuluskan laju bisnis di sisa tahun 2021 ini, SMBR pun berupaya untuk melanjutkan berbagai inisiatif strategi yang telah dijalankan perseroan sejak awal tahun 2021. 

Baca Juga: Berhasil cetak laba Rp 2,65 miliar di semester I-2021, ini penjelasan Semen Baturaja

Pertama, efisiensi biaya produksi. Yang direalisasikan lewat penggunaan batu bara dari sumber yang ekonomis, renegosiasi harga bahan baku, serta optimalisasi produk dan penggunaan limbah B3 sebagai alternatif bahan baku dan energi.

Kedua, efisiensi biaya penjualan. Hal ini dilakukan perseroan dengan optimalisasi kapasitas armada serta renegosiasi tarif angkutan semen. "Kami juga melakukan peningkatan jaminan pembiayaan distributor, rescheduling piutang distributor, penerapan SCF untuk rekanan, dan juga pencairan repackaging kredit investasi," jelas Jobi.

SMBR pun terus berupaya meningkatkan penjualan produk mereka, seperti white clay dan montar. Jobi bilang, penjualan white clay berhasil memberikan kontribusi yang positif terhadap kinerja SMBR di tahun ini. 

 

 

Tak berhenti sampai di situ, SMBR juga sudah mulai merambah penjualan melalui marketplace digital. Namun demikian, Jobi tidak bicara lebih detail terkait bagaimana potensi penjualan digital di tahun ini. 

Adapun, di tahun ini SMBR menganggarkan alokasi belanja modal atau capital expenditure (Capex) sebesar Rp 84,9 miliar. Realisasinya hingga Juni 2021 telah mencapai 28% dari total capex yang dicanangkan. 

"Investasi kami prioritasnya adalah di kegiatan pertambangan. Kami ingin memastikan tambang kami juga bisa berkembang untuk memenuhi kebutuhan bahan baku. Kemudian ada investasi di digital marketing dan juga investasi rutin untuk mendukung kegiatan operasional perseroan," pungkasnya. 

Sebagai informasi, hingga periode enam bulan pertama tahun ini, SMBR berhasil mencetak laba bersih sebesar Rp 2,65 miliar. Padahal di pada periode yang sama tahun lalu, perseroan masih berada di posisi rugi hingga Rp 137,62 miliar. 

Selanjutnya: Moncer, Semen Baturaja (SMBR) sukses cetak laba bersih Rp 2,65 miliar di semester I

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×