kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Begini upaya pemerintah menyeimbangkan pengelolaan lingkungan dengan kegiatan tambang


Minggu, 14 Februari 2021 / 07:39 WIB
Begini upaya pemerintah menyeimbangkan pengelolaan lingkungan dengan kegiatan tambang


Reporter: Dimas Andi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah berkomitmen mengelola lingkungan hidup yang berkelanjutan dan terpadu dengan pertumbuhan ekonomi melalui kegiatan pertambangan. 

Harmonisasi ini terhimpun dalam dokumen kebijakan mineral dan batubara (minerba) agar mampu memberikan kontribusi nyata bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia dan tidak menimbulkan dampak sosial yang negatif di masa mendatang.

"Dokumen kebijakan ini kita susun untuk memberikan nilai manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat Indonesia secara adil, berkelanjutan, dan ramah lingkungan," kata Direktur Jenderal Minerba Kementerian Ridwan Djamaluddin dalam siaran pers di situs Kementerian ESDM, Jumat (12/2).

Baca Juga: Harga minyak brent melonjak 5,21% sepekan, tertinggi sejak Oktober 2019

Menurut Ridwan, konsep pengelolaan lingkungan hidup dan pengembangan masyarakat yang berkelanjutan pada kegiatan pertambangan minerba dilakukan demi memitigasi penurunan kualitas lingkungan hidup terhadap air, tanah, udara, dan keanekaragaman hayati yang dapat berpengaruh terhadap perubahan keseimbangan ekologi.

Secara rinci, Direktur Penerimaan Minerba Kementerian ESDM Muhammad Wafid mengungkapkan, implementasi sistem manajemen lingkungan hidup pertambangan harus dilakukan mulai dari tahapan kegiatan eksplorasi sampai pascatambang. "Kebijakan ini harus dilakukan secara sistematis dan terpadu dengan mengedepankan penegakan hukum," ungkap Wafid.

Ia pun mendorong kepada pelaku usaha supaya wajib melakukan identifikasi dampak lingkungan yang menjadi dasar bagi penentuan parameter lingkungan yang akan dikelola selama tahapan kegiatan pertambangan berlangsung serta menjadi acuan dalam menghitung biaya lingkungan.

Wafid membeberkan strategi nyata pemerintah dalam mengimplementasikan kebijakan tersebut. Pertama, melakukan efisiensi pemakaian sumber daya, seperti air dan energi, mendaur ulang material, upaya perlindungan terhadap keanekaragaman hayati, pengurangan emisi gas rumah kaca, serta pengelolaan limbah dan sisa hasil pengolahan dan/atau pemurnian.

Baca Juga: Harga minyak menutup pekan ini di level tertinggi sejak 2019

Kedua, menyusun studi kelayakan dan dokumen lingkungan hidup yang dilakukan secara komprehensif dengan prinsip-prinsip tidak saling bertentangan.

Ketiga, penilaian risiko dan manajemen risiko lingkungan hidup diintegrasikan ke dalam sistem manajemen lingkungan hidup pertambangan yang mengakomodasi seluruh risiko pada parameter lingkungan hidup dan mitigasi yang dilakukan sekaligus sebagai penilaian untuk kelanjutan tambang dan/atau investasi.

Keempat, pelaksanaan kegiatan pertambangan minerba dalam hal pengelolaan lingkungan hidup hendaknya mengacu pada dokumen lingkungan hidup yang diterbitkan oleh instansi yang membidangi lingkungan hidup sesuai dengan kewenangannya.

Kelima, perencanaan reklamasi dan perencanaan pascatambang disusun mengacu kepada dokumen lingkungan hidup, rencana tata ruang wilayah nasional, serta mengakomodasi masukan dari para pemangku kepentingan.

"Reklamasi dilakukan pada setiap tahap kegiatan pertambangan sebagai langkah rehabilitasi area bekas kegiatan pertambangan secara progresif dan merupakan aspek integral dalam perencanaan dan pengembangan tambang," pungkas Wafid.

Selanjutnya: PLN tebar diskon 30% pengisian daya bagi pengguna kendaraan listrik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×