kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,59   -9,90   -1.07%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BEI buka pintu bagi mantan emiten


Sabtu, 03 September 2016 / 16:00 WIB
BEI buka pintu bagi mantan emiten


Reporter: Dityasa H Forddanta | Editor: Rizki Caturini

JAKARTA. Sepanjang tahun 2012-2015, ada empat perusahaan yang melakukan pencatatan saham kembali alias relisting di Bursa Efek Indonesia (BEI). Tahun ini, ada satu tambahan perusahaan relisting, yakni PT Indo Komoditi Korpora. Pada 2015, ada dua perusahaan yang relisting. Keduanya adalah PT Bukaka Teknik Utama Tbk (BUKK) dan PT Mitra Energi Persada Tbk (KOPI).

Pada tahun 2012 dan 2014 perusahaan yang relisting adalah PT Tunas Alfin Tbk (TALF) dan PT Sekar Bumi Tbk (SKBM). Meski jauh dari jumlah initial public offering (IPO) calon emiten baru, kegiatan relisting ini bukan kebetulan. Terlepas dari sentimen makro, ini juga merupakan salah satu cara BEI meningkatkan kapitalisasi pasar.

Direktur Utama BEI Tito Sulistyo bilang, ada empat strategi meningkatkan kapitalisasi pasar. Salah satunya dengan relisting. BEI minta kembali saham-saham yang delisting untuk aktif kembali. "Kami datangi satu-satu," kata Tito, Jumat (2/9). Cara lain yang juga menjadi strategi utama adalah meningkatkan jumlah emiten baru. Selain itu, otoritas bursa juga sedikit mengintervensi perusahaan yang sahamnya terkena suspensi. "Lakukan sesuatu supaya suspensi sahamnya dibuka," kata Tito.

Strategi terakhir adalah akumulasi dari ketiga strategi sebelumnya, yakni mendorong emiten meningkatkan nilai perusahaan, misalnya menerbitkan emisi efek baru atau rights issue. Dana rights issue yang digunakan untuk ekspansi pada akhirnya juga membesarkan nilai emiten. Hamdi Hassyarbaini, Direktur Pengawasan Transaksi dan Kepatuhan BEI, menambahkan, proses relisting sama seperti proses IPO pada umumnya. "Dimulai lagi dari awal," imbuh Hamdi.

Catatan saja, Indo Komoditi tercatat di BEI pada 27 Juli 1990, dan efektif keluar dari bursa pada 19 Februari 2013. Perseroan bergerak di sektor perkebunan sawit. BUKK relisting pertengahan tahun lalu. BUKK melepas 2,64 miliar dengan harga Rp 590 per saham. TALF relisting pada 2014. Lalu SKBM relisting dengan melepas melepas 851,39 juta saham. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×