kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45866,25   0,74   0.09%
  • EMAS918.000 0,11%
  • RD.SAHAM -0.32%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Berhasil pulihkan listrik NTT, Dirut PLN: Terima kasih relawan


Rabu, 21 April 2021 / 19:11 WIB
Berhasil pulihkan listrik NTT, Dirut PLN: Terima kasih relawan
ILUSTRASI. PLN telah memulihkan listrik di Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam waktu 13 hari.

Reporter: Muhammad Julian | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PLN telah memulihkan listrik di Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam waktu 13 hari. Dari total 4.002 gardu distribusi yang terdampak badai, sekitar 96,4% atau 3.857 gardu distribusi sudah menyala dan beroperasi normal.

Dengan adanya pemulihan ini, kini sebanyak  616.814 pelanggan di NTT telah kembali menikmati nyala listrik. Angka tersebut setara sekitar 97% dari total 635.979 pelanggan PLN yang mengalami pemadaman.

“Tapi kerja dan perjuangan kami belum akan berhenti. Masih ada 3,6% gardu di titik-titik tersulit dan medan yang sangat berat yang juga harus dipulihkan. Masih ada sekitar 3% pelanggan yang gelap gulita, akan segera kami pulihkan kelistrikannya," kata Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini dalam keterangan tertulis.

Baca Juga: Kiprah dua Srikandi PLN, ikut dirikan tower listrik darurat di NTT

Upaya pemulihan dilakukan secara bahu-membahu serta melibatkan banyak tenaga. Menurut Zulkifli, PLN mengerahkan 1.316 personel, dengan mendatangkan tenaga bantuan dari NTB, Maluku, Sulawesi, Papua, Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, DKI Jakarta, dan Jawa Barat untuk mempercepat proses pemulihan.

Selain itu, terdapat pula 227 relawan yang membantu petugas di lapangan, ditambah bantuan 30 anggota pasukan TNI serta anggota Polri untuk mempercepat pekerjaan, sedangkan warga yang turut membantu di berbagai lokasi praktis tidak terdata jumlahnya.

Berkat aksi gotong-royong yang dilakukan, progres perbaikan dan pemulihan jauh lebih cepat daripada perkiraan. Tower 19 yang roboh sudah tergantikan oleh tower emergency.

Walhasil, tower emergency bisa tersambung tepat pada tanggal 18 April 2021 pukul 17.53 WITA , sehingga hampir 170.000 pelanggan di 4 kabupaten di Pulau Timor dapat menikmati listrik kembali.

"Atas nama PLN, kami mengucapkan terima kasih atas dukungan seluruh pihak yang mendukung kami dalam percepatan pemulihan listrik di seluruh NTT. Tim Relawan dari berbagai daerah, para stakeholder, Pemerintah Daerah, Korps TNI & Polri, jajaran Forkopimda, teman-teman media, dan masyarakat," ujar Zulkifli.

Sebagai tindakan preventif atas insiden serupa ke depannya, PLN akan melakukan mitigasi untuk menempatkan tower-tower yang rawan ke tanah yang lebih stabil guna memperkuat fondasi tapak. Selain itu, PLN juga bakal memperkuat sistem kelistrikan Timor dengan membangun 2 jalur eksisting 70 kV dan jalur kedua bertegangan 150 kV.

“Inspeksi dan pemeliharaan rutin pada jaringan distribusi 20 kV juga akan dikerjakan, karena itulah jaringan yang akan menghubungkan listrik sampai ke rumah-rumah pelanggan,” tambah Zulkifli.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Pemprov NTT, Benediktus Polo Maing  mewakili pemerintah daerah dan warga NTT mengucapkan terima kasih atas kerja keras dan kerja cepat PLN dalam memulihkan listrik.

"Terima kasih kepada Bapak Dirut dan jajarannya. Kami siap mendukung kerja keras PLN. Kejadian ini membuktikan semangat gotong royong takkan hancur dan tetap menjadi karakter kuat bangsa Indonesia," jelas dia.

 

Selanjutnya: PLN siap penuhi kebutuhan listrik untuk industri smelter di Sulawesi

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing Sukses Berkomunikasi: Mempengaruhi Orang Lain Batch 3

[X]
×