kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Berikut daftar penerima Upakarti


Kamis, 05 Januari 2012 / 18:57 WIB
Berikut daftar penerima Upakarti
ILUSTRASI. Batubara. Kontan/Panji Indra


Reporter: Dea Chadiza Syafina |

JAKARTA. Pemberian simbol kehormatan Upakarti yang telah berlangsung selama 20 tahun kembali diserahkan kepada pelaku usaha di bidang industri oleh Presiden Republik Indonesia di Istana Negara pada Kamis (5/1).

Tahun ini, terdapat enam kategori yang bisa meraih Upakarti. Di antaranya adalah jasa pengabdian, jasa kepedulian, jasa kepeloporan, penghargaan rintisan teknologi, penghargaan desain terbaik Indonesia, penghargaan kreasi prima mutu, penghargaan anugerah cinta karya bangsa dan penghargaan industri hijau.

Di bidang jasa pengabdian, penghargaan diberikan kepada Hartono Sumarsono yang mengabdi pada industri batik dan batik lawas, Jiwo Diharjo yang mengabdikan diri untuk mengembangkan kerajinan keris, Slamet Riyadi yang mengembangkan industri kerajinan dengan bahan baku limbah, Mahfud Efendy yang mengabdikan diri untuk mengembangkan industri rumput laut, Sofia Oktaviana Ralahalu yang mengembangkan industri batik, Sidhu Batafor yang mengabdikan diri mengembangkan industri tenun, anyaman dan olahan makanan ringan, serta Hatta Siswa Mahyaya yang mengabdikan diri untuk mengembangkan IKM.

Kategori jasa kepeloporan, penghargaan ini diterima oleh Kusuma Tex perusahaan tenun di Klaten, Jawa Tengah, PT Aneka Banusakti, industri komponen dan suku cadang di Pasuruan, Jawa Timur, serta Sal-Han, industri pangan bawang goreng di Sulawesi Tengah. Selain itu, industri kerajinan aneka pisau Nisoku di Blitar, Jawa Timur, juga mendapatkan penghargaan ini selain Gendhis di Sleman, Yogyakarta, yang memelopori kerajinan tas natural, Suka Senang yang memelopori makanan olahan sale dan keripik pisang dan terakhir adalah Starco Handycraft yang memelopori kerajinan tempurung kelapa di Pekalongan, Jawa Tengah.

Kemudian untuk kategori jasa kepedulian tahun 2011 diterima oleh La Tinro La Tunrung yang merupakan Bupati Enrekang, Tafta Zani yang merupakan Bupati Demak, Mohamad Basyir Ahmad yang merupakan Walikota Pekalongan, Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati yang merupakan Bupati Gianyar, Musthofa, Bupati Kudus, Suir Syam yang merupakan Walikota Padang Panjang dan Riduan Effendi yang merupakan Walikota Lumbuklinggau.

Penerima penghargaan kategori rintisan teknologi industri adalah PT Semen Gresik, PT Apora Indusma, PT Persada Alam Sentosa, PT Martina Berto dan juga PT Pindad. Untuk penerima penghargaan kategori grand award desain terbaik Indonesia tahun 20011 adalah PT Datascript. Penerima penghargaan special craftsmanship award desain terbaik Indonesia 2011, diterima oleh Wonderful untuk produk selendang batik bordir.

Penerima penghargaan gold award desain terbaik Indonesia 2011 kategori produk industri massal dan telah dipasarkan adalah PT Top Jaya Antariksa EElectronics, PT Indovikers Furnitama, PT Datascript, CV Jaya Jati Vision Raya, PT Jenggala Keramik Bali, Wonderful, CV Bali Bagus Good Design, PT Alkindo Naratama dan PT Aqua Golden Mississipi.

Untuk penerima penghargaan gold award desain terbaik Indonesia 2011 kategori produk inovasi riset design industri diterima oleh The Pipe dan Wufowa. Penerima penghargaan kreasi prima mutu 2011, diberikan kepada Kalimasada Cookies, Putri Ayu, PT Gemilang Lestari Teknindo, SP Alumunium, PT Parida Shoes dan Renvill.

Penerima penghargaan peningkatan penggunaan produk dalam negeri untuk pengadaan barang dan jasa berupa anugerah cinta karya bangsa diberikan kepada Kementerian Energi, Sumber Daya dan Mineral (ESDM), Kementerian Perindustrian dan Kementerian Pekerjaan Umum. Selain itu juga diterima oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, Pemprov D.I Yogyakarta dan Pemprov Nusa Tenggara Timur. Untuk tingkat BUMN diterima oleh PT Dahana, PT Pengembangan Pariwisata Bali serta PT Taspen.

Penerima trophy penghargaan industri hijau diberikan kepada PT Holcim Indonesia Tbk Pabrik Narogong, PT Tanjung Enim Lestari Pulp and Paper, PT Semen Gresik Tbk, PT Chandra Asri Petrochemical Tbk, PT Arwana Nuansa Keramik Serang, PT Styrindo Mono Indonesia, PT Apac Inti Corpora, PT Essar Indonesia, PT Arwana Citramulia Tbk, serta PT Indah Kiat Pulp & Paper Pabrik Tangerang.

Sedangkan untuk penerima Upakarti jasa kepedulian 2010, diberikan kepada Deddy Soepardi, Darmansyah Husein, Lukman Abunawas dan Longki Djanggola.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×