kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.164.000 1,93%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Berkah Gelaran MotoGP, WIKA Gedung Garap 5 Proyek di Mandalika


Rabu, 16 Februari 2022 / 21:06 WIB
Berkah Gelaran MotoGP, WIKA Gedung Garap 5 Proyek di Mandalika
ILUSTRASI. Foto udara bangunan 'pit building' dan tribun penonton Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Praya, Lombok Tengah, NTB, Kamis (28/10/2021). ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/foc.


Reporter: Akmalal Hamdhi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Wijaya Karya Bangunan Gedung (WEGE) atau Wika Gedung kebanjiran pesanan proyek di kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika dan Pertamina Mandalika International Circuit. Emiten grup BUMN tersebut akan membangun sejumlah fasilitas penunjang di sekitar Mandalika salah satunya membangun Hotel Pullman Mandalika berstandar bintang 5.

Sekretaris Perusahaan Wijaya Karya Bangunan Gedung Bobby Iman Setya mengatakan, saat ini WEGE sedang mengerjakan lima proyek di kawasan Mandalika. “Secara total keseluruhan nilai kontrak WEGE yang berkontribusi terhadap event balap seperti WSBK dan Moto GP sebesar Rp 880,275 miliar,” ujar Bobby saat dihubungi Kontan, Rabu (16/2).

Ajang motoGP Mandalika memang telah  menjadi lahan baru bagi pembukaan lahan bisnis di daerah tersebut. Banyak pengembang bisnis yang beramai-ramai memanfaatkan peluang di daerah Mandalika, tak terkecuali perusahaan Konstruksi seperti WEGE.

Adapun, proyek pertama WEGE adalah mengerjakan proyek pit building dengan nilai kontrak sebesar Rp 195,41 miliar. Pit Building ini dibangun menggunakan teknologi modular, sebanyak 50 garasi dengan jumlah modul sebanyak 888, dan pada area sebesar 13,92 m2.

Baca Juga: Bidik Penjualan Rp 94 Miliar, Begini Strategi OBM Drilchem (OBMD)

Asal tahu saja, proyek pit building ini mendapat rekor MURI sebagai pembangunan gedung pit dengan sistem modular tercepat di sirkuit bertaraf internasional. Pembangunannya sendiri memerlukan waktu 21 hari.

Bobby menjelaskan, pit building ini juga sudah diuji pada event balap sebelumnya yaitu World Superbike (WSBK) pada 19 sampai dengan 21 November tahun lalu.

Selanjutnya, yang kedua WEGE menggarap klinik MotoGP dan helipad di area Sirkuit Mandalika yakni proyek yang masih berkaitan dengan event balap MotoGP.

Ketiga, WEGE berkolaborasi dengan jaringan telekomunikasi untuk membangun MMR Telkom Akses Mandalika. Menurut Bobby, hal ini adalah kontribusi WEGE dalam berperan mendukung jaringan telekomunikasi di Mandalika.

Keempat, WEGE melakukan Beautifikasi dan TV Compound Pit Mandalika. Pada awal tahun 2022 ini WEGE mendapatkan tambahan pekerjaan untuk pemasangan TV Compound pada Pit Building yang nantinya juga akan digunakan untuk event Moto GP 2022.

Baca Juga: Astra Otoparts (AUTO) Sesuaikan Target Kinerja dengan Industri Otomotif Nasional

Yang terakhir, proyek WEGE yang kelima di Mandalika adalah menggarap Hotel Pullman Mandalika yakni hotel berstandar bintang 5 dengan nilai kontrak sebesar Rp 646,44 miliar.

Lokasinya yang dekat dengan Sirkuit Mandalika, menjadikan hotel ini memiliki nilai jual tinggi. Hotel Pullman Mandlika berdekatan dengan pemandangan laut, sehingga menjadi tempat pilihan menginap yang strategis terutama saat event MotoGP 2022.

Terkait proyeksi prospek ke depannya, Bobby menjelaskan, Mandalika sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) memiliki potensi bisnis besar sehingga WEGE akan terus melihat peluang tersebut.

Nantinya WEGE juga akan menyasar proyek-proyek yang akan dibangun di Mandalika baik itu dari fasilitas publik, commercial dan fasilitas lainnya yang mendukung pertumbuhan kawasan Mandalika sebagai KEK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Corporate Financial Planning & Analysis Mastering Data Analysis & Visualisation with Excel

[X]
×