kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45672,14   1,07   0.16%
  • EMAS916.000 -1,08%
  • RD.SAHAM 0.54%
  • RD.CAMPURAN 0.26%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.10%

Bersiap, empat mal baru segera hadir di Jakarta


Selasa, 14 Januari 2020 / 15:54 WIB
Bersiap, empat mal baru segera hadir di Jakarta
ILUSTRASI. Keempat pusat perbelanjaan tersebut seluruhnya berada di Jakarta Selatan.

Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pertumbuhan pusat perbelanjaan terus terjadi, kendati banyak peritel menutup toko dan gerainya. Tahun 2020 ini pun, sebagaimana hasil riset yang diungkapkan Colliers International Indonesia, penutupan toko diprediksi akan terus berlanjut.

Penutupan toko tersebut berdampak pada turunnya tingkat okupansi. Pada 2019 saja, tingkat hunian ritel di Jakarta kurang dari 80 persen.

Setelah terus merosot dari sebelumnya berkisar antara 85% dan 83%. "Penurunan terbesar terjadi pada kuartal II dan III," kata Senior Associate Director Colliers International Indonesia Ferry Salanto. 

Kendati penutupan gerai-gerai ritel diprediksi terus berlanjut, namun fenomena ini tak membuat pengembang properti mundur menganulir pembukaan pusat perbelanjaan baru.

Colliers mencatat, tahun ini akan ada empat mal baru yang beroperasi di Jakarta. Keempat pusat perbelanjaan tersebut seluruhnya berada di Jakarta Selatan.

Baca Juga: Lima mall terbesar di Indonesia versi APPBI

Tentu saja, kehadiran mal anyar seluas 110.000 meter persegi ini menambah pasokan kumulatif ruang ritel di ibu kota menjadi 4,84 juta meter persegi.

Berikut empat mal baru yang dibuka untuk umum pada 2020:

1. AEON Mall Southgate Tanjung Barat 

Mal ini merupakan kolaborasi antara PT AEON Mall Indonesia dengan Sinarmas Land. Luas bangunannya mencapai 39.200 meter persegi.

AEON mall merupakan bagian dari proyek mixed use Southgate, Tanjung Barat, Jakarta Selatan, yang dibangun di lahan seluas 5,4 hektare. Investasi yang ditanamkan untuk membangun pusat berbelanjaan ini senilai Rp 200 miliar.

2. Pondok Indah Mall 3

PT Metropolitan Kentjana Tbk membangun mal ini seluas 30.000 meter persegi. Lokasinya berada di Pondok Indah Town Center, Jakarta Selatan.

Kelas Pondok Indah Mall (PIM) 3 akan berada di atas pusat belanja pendahulunya, yakni PIM 1 dan PIM 2. Metropolitan Kentjana mengadopsi konsep gaya hidup eksklusif, modern, dan mewah.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

Tag

TERBARU

[X]
×