Reporter: Gloria Haraito | Editor: Uji Agung Santosa
Kehadiran mal online ternyata bisa menjadi peluang kerja sama bagi toko online. Tengoklah PT Bhinneka Mentari Dimensi, pemilik Bhinneka.com. Toko online dan offline penjual berbagai peralatan TI ini mengakui kehadiran mal online tidak mengancam bisnis perusahaan. Bahkan, Bhinneka berencana menjadi salah satu tenant di Tokopedia.
Pendiri PT Tokopedia, Leontinus Alpha Edison mengaku, kehadiran mal online justru akan menjadi sarana strategis bagi para toko online dan offline dalam melebarkan jaringan pemasarannya. "Bhinneka bahkan sudah berniat menjadi salah satu tenant Tokopedia," ujar Leontinus kepada KONTAN.
Secara terpisah, Vensia Tjhin, Direktur Operasional Bhinneka mengakui adanya kemungkinan kerja sama antara Bhinneka dan Tokopedia. "Tapi belum ada keputusan final soal itu," ujar Vensia.
Selama ini, Bhinneka sudah memiliki forum jual beli barang seken. Namun, forum ini tidak mencampuri urusan pembayaran. Itu sebabnya Bhinneka memandang bisnis tokonya berbeda dengan bisnis mal online.
Ini yang membuat Vensia optimis kehadiran mal online tak akan menggerus pendapatan Bhinneka. Setiap harinya, Bhinneka bisa melakukan 40.000 pengiriman. Total produk yang ada di Bhinneka mencapai 20.000 item yang dipasok dari ratusan vendor.
Sepanjang tahun lalu, penjualan Bhinneka tumbuh 25% dibandingkan dengan penjualan 2008. Hingga akhir tahun nanti, Bhinneka pun berharap bisa mencetak pertumbuhan yang sama.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News