kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45725,83   16,46   2.32%
  • EMAS914.000 0,11%
  • RD.SAHAM 0.55%
  • RD.CAMPURAN 0.20%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Bidik pelanggan korporasi, XL Axiata terapkan solusi Smart Building


Jumat, 20 Maret 2020 / 11:53 WIB
Bidik pelanggan korporasi, XL Axiata terapkan solusi Smart Building
ILUSTRASI. Sales Promotion Girl menunjukkan kartu dengan fitur Xtra Unlimited Turbo di Bandung, Jawa Barat, Kamis (5/3/2020). Fitur tersebut memberikan manfaat tambahan bagi pelanggan layanan XL prabayar untuk mengakses aplikasi-aplikasi pilihan tanpa batasan kuota

Reporter: Nur Qolbi | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) dan PT Nutrifood Indonesia (Nutrifood) menjalin kerja sama untuk menerapkan solusi digital Smart Building berbasis layanan internet di kantor pusat Nutrifood di Jakarta.

Solusi digital ini bertujuan meningkatkan berbagai aspek efisiensi pada gedung yang meliputi sisi energi, keamanan, akses, pencahayaan, komunikasi, hingga pada fasilitas manajemen pengunjung, ruang, loker, limbah, rambu digital, dan lain-lain.

Baca Juga: Simak rekomendasi saham BBMRI, GGRM dan EXCL untuk hari ini

Melalui proyek ini, Nutrifood akan menjadi perusahaan pertama yang menggunakan solusi digital Smart Building dari XL Business Solutions. Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata Feby Sallyanto mengatakan, solusi untuk kantor Nutrifood adalah berupa manajemen energi, mulai dari penerapan sensor kondisi udara ruangan (temperatur, kelembapan, dan CO2) di berbagai titik hingga sistem yang menganalisis dan mengontrol energi penyejuk ruangan konvensional secara otomatis.

Dengan begitu, seluruh bagian ruangan memperoleh kondisi udara ideal yang merata. "Dengan kondisi ini, energi yang digunakan akan lebih efisien dan terkontrol serta dapat meningkatkan produktifitas karyawan karena kondisi ruangan yang ideal dan sehat," kata Febby dalam keterangan tertulis, Kamis (19/3).

Selain itu, XL Axiata juga melakukan pemantauan tinggi air pada tangki air sehingga ketersediaan air di gedung dapat selalu terjaga.

Secara umum, melalui solusi Smart Building dari XL Axiata ini, Nutrifood akan mendapatkan manfaat berupa efisiensi energi dalam penggunaan penyejuk ruangan atau air conditioner (AC), baik pada konsumsi daya, biaya pemeliharaan, dan dari sisi AC sebagai aset.

Kondisi ruangan yang ideal juga akan membuat properti, furnitur, dan perangkat elektronik menjadi lebih awet.

Menurut Febby, solusi digital berbasis layanan internet saat ini semakin dibutuhkan dan diminati kalangan pebisnis untuk mempercepat pertumbuhan bisnis demi menyongsong era revolusi industri 4.0. Hal ini juga sejalan dengan program pemerintah untuk penghematan energi.

Baca Juga: Belajar dan bekerja dari rumah mulai diterapkan, trafik XL Axiata naik

Hingga saat ini, XL Business Solutions telah menyediakan berbagai macam solusi layanan digital berbasis internet melalui kerja sama dengan beberapa mitra Internet of Things (IoT), diantaranya adalah Fleetech (Fleet Management), flexiot (IoT Platform), Smart Poultry (digitalisasi industri unggas), dan NB-IoT (teknologi jaringan selular khusus untuk IoT).

Ke depannya, XL Business Solutions akan terus mengembangkan produk-produk solusi digital lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan produktivitas dan pertumbuhan bisnis di era digital menuju revolusi industri 4.0.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

Tag

TERBARU

[X]
×