kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45921,77   12,46   1.37%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisnis Cloud Services Metrodata Electronics (MTDL) Tumbuh 87% di Kuartal I-2023


Selasa, 18 April 2023 / 20:57 WIB
Bisnis Cloud Services Metrodata Electronics (MTDL) Tumbuh 87% di Kuartal I-2023
ILUSTRASI. Pendapatan bisnis cloud services dari PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL) melonjak 87% pada kuartal pertama tahun 2023.


Reporter: Vina Elvira | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pendapatan bisnis cloud services dari PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL) melonjak 87% pada kuartal pertama tahun 2023. Hal ini didorong oleh tren pergeseran minat perusahaan-perusahaan terhadap layanan Cloud serta meningkatnya kepedulian kepada dunia maya.

Berdasarkan keterbukaan informasi Selasa (18/4), MTDL selaku perusahaan penyedia solusi digital terus bertransformasi secara digital untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus berkembang di era pasca pandemi. 

Sejalan dengan transformasi tersebut, MTDL berhasil mencatat pertumbuhan penjualan yang cukup signifikan pada unit usaha Solusi dan Konsultasi, khususnya di sektor institusi keuangan, sektor publik, telekomunikasi, dan manufaktur.

Baca Juga: Kinerja Metrodata Electronics (MTDL) di Kuartal I-2023, Laba Bersih Menciut 11,05%

"Fokus MTDL pada unit Solusi dan Konsultasi telah menghasilkan pertumbuhan yang signifikan dalam menyediakan solusi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) kepada pelanggan korporat seperti cloud hyperscaler, keamanan siber, platform bisnis digital, serta langganan perangkat lunak dan SaaS.” ujar Presiden Direktur PT Metrodata Electronics Tbk Susanto Djaja, dalam keterangannya. 

Dari delapan pilar solusi digital Perseroan, pada kuartal I ini tiga pilar memimpin dengan tingkat pertumbuhan pendapatan yang signifikan, yaitu Cyber Security, Cloud Services dan Digital Business.

Secara keseluruhan pendapatan dari delapan pilar solusi digital MTDL pada periode ini tumbuh 40% yoy. Ke delapan pilar solusi digital tersebut meliputi Cloud Services, Data & AI, Hybrid IT Infrastructure, Cybersecurity, Business Application, Digital Business Platform Consulting & Advisory Services, dan Managed Services.

Menurut Susanto, pertumbuhan tersebut didorong oleh meningkatnya penyediaan TIK pelanggan korporasi antara lain layanan cloud hyperscaler dari para mitra global seperti Azure, AWS, Google Cloud; layanan cybersecurity, digital business platform, dan software subscription dan SaaS.

"Secara umum, Perseroan melihat bahwa telah terjadi pergeseran kebutuhan pasar dari kebutuhan terhadap perangkat keras digital atau hardware kepada kebutuhan akan layanan Cloud," paparnya. 

Baca Juga: Raih Pendapatan Tertinggi Sepanjang Sejarah, MTDL Cetak Rp 21 Triliun di 2022

Seiring dengan tren perusahaan yang semakin melek digital tersebut, pada 11 April 2023 lalu, salah satu entitas anak MTDL, PT Synnex Metrodata Indonesia (SMI) membuka Cisco Meraki Experience Center di Jakarta dan Surabaya. 

Cisco Meraki adalah sebuah solusi jaringan yang berbasis cloud yang dimiliki oleh Cisco Systems dengan menawarkan berbagai produk dan layanan yang dapat dikonfigurasi dan dikelola secara online, seperti wireless access point, switch Ethernet, security appliance, kamera keamanan, dan manajemen perangkat mobile.

"Kami melihat pertumbuhan yang cukup signifikan pada unit usaha Solusi dan Konsultasi, sehingga optimis bahwa kebutuhan TIK akan terus berkembang dan MTDL akan terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan tersebut," kata Susanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×