kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisnis Industri Game Masih Prospektif di Tahun 2024


Rabu, 17 Januari 2024 / 10:53 WIB
Bisnis Industri Game Masih Prospektif di Tahun 2024
ILUSTRASI. Bisnis industri game dinilai masih berpotensi tumbuh pada masa mendatang.


Reporter: Rashif Usman | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - BANDUNG. Bisnis industri game dinilai masih berpotensi tumbuh pada masa mendatang.

Perusahaan pengembang gimasal Indonesia, Agate mengatakan pertumbuhan ini seiring dengan  cepatnya perkembangan teknologi, device yang semakin terjangkau untuk bermain game hingga penetrasi internet yang juga semakin baik.

Menurut data yang dipaparkan Agate dari riset Statista, pada tahun 2024 pasar video gim global diproyeksikan mencapai pendapatan sebesar US$ 282,3 miliar atau meningkat 13% dibandingkan tahun 2023 sebesar US$ 249,58 miliar. Selain itu, diperkirakan pasar video game akan tumbuh sebesar 8,76% year to year (YoY) antara tahun 2024 hingga 2027.

Co-Founder and CEO Agate, Shieny Aprilia menyampaikan, tahun 2024 akan menjadi babak baru yang menarik bagi industri game. Oleh karenanya, Agate pun terus berupaya menjadi katalisator industri gim di Indonesia dengan memanfaatkan keahlian dan akses global. 

Baca Juga: Agate Akui Game PC Konsol Indonesia Banyak Diminati Investor Asing

"Dengan banyaknya kemitraan global yang sudah dibangun, kami yakin dapat terus membawa industri gim Indonesia meraih kesuksesan di panggung dunia," kata Shieny di kantor Agate, Bandung, Selasa (16/1).

WhatsApp Image 2024-01-17 at 09.54.09.jpeg
Perusahaan Pengembang Game asal Indonesia, Agate (Kontan/Usman)

Shieny mengungkapkan, pada tahun ini, Agate berfokus pada model bisnis B2B2C (Business-to-Business-to-Consumer) untuk memperkuat ekspansi globalnya. Agate memiliki sejumlah strategi guna mendukung target tersebut.

"Strategi pertama yang dilakukan yaitu dengan mengembangkan tim perwakilan di wilayah benua Amerika. Sementara, saat ini Agate memiliki 4 perwakilan yaitu di Kanada, Jerman, Korea Selatan, dan Jepang," jelasnya.

Kedua, Agate terus memanfaatkan akses jaringan global untuk memperkuat ekosistem gim di Indonesia, serta terus meningkatkan keahlian melalui inisiatif proyek Research and Development (R&D). 

"Ketiga, Agate berkomitmen mengembangkan keahlian para talent lokal serta kualitas kepemimpinannya untuk mendorong percepatan pertumbuhan industri game di tanah air melalui Agate Academy," ucapnya.

Baca Juga: Agate Gandeng PQube Memulai Project D di Industri Gim Indonesia

Pada kinerja tahun lalu, Agate secara konsisten berperan aktif dalam mempromosikan industri gim lokal. Tercatat, perusahaan rintisan tersebut telah berpartisipasi dalam kurang lebih 35 acara di ranah internasional, yang sebagian besar diselenggarakan di Eropa dan Amerika. 

"Agate juga menjalin kemitraan baru dengan 5 perusahaan global, yaitu ISKRA, Naver Z (ZEPETO), PQube, Ifland, dan Sekuya," ujarnya.

Selain itu, Agate juga merilis 14 proyek global dan memulai 4 proyek game baru di mana perusahaan mengalami kenaikan jumlah proyek dibandingkan tahun sebelumnya.

"Hal ini memperkuat posisi Agate di dunia sebagai game developer yang terpercaya," tutupnya.

Meluncurkan Unit Bisnis Baru

Chief Strategy Officer Agate, Cipto Adiguno menyampaikan bahwa Agate melihat tahun ini sebagai tahun rebound bagi industri game, sehingga membawa peluang untuk memperkuat posisi Agate sebagai global game development partner yang andal.

"Untuk mendukung upaya ini dengan bangga kami memperkenalkan sub-brand terbaru Agate, yaitu Vertx Break sebagai solusi untuk menciptakan pengalaman gaming yang imersif melalui visual berkualitas tinggi," terangnya.

WhatsApp Image 2024-01-17 at 09.57.48.jpeg
Agate meluncurkan unit bisnis baru, Vertx Break (Kontan/Usman)

Melalui Vertx Break, Cipto ingin mendiversifikasi bisnis Agate sehingga menjadi kekuatan baru dalam portofolio di lanskap game internasional.

Vertx Break powered by Agate difokuskan untuk menghasilkan 3D Stylized Art berkualitas tinggi dengan menyediakan layanan 3D Character, 3D Equipment & Outfit, 3D Environment Props, dan 3D Hard Surface. 

Head of Vertx Break powered by Agate, Ar Cahyadi indra menambahkan, Vertx Break memperkuat kehadiran Agate di berbagai vertikal game development dengan memfokuskan kepada layanan 3D Stylized Art berkualitas tinggi dan game ready untuk developer skala AA.

"Melalui pendekatan unik kami sebagai game art development partner yang resourceful dan adaptable untuk kebutuhan 3D Art Development, partner kami dapat menghemat banyak waktu penyesuaian dan perbaikan jika berkolaborasi dengan Agate," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×