kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.008,66   -3,38   -0.33%
  • EMAS988.000 -0,20%
  • RD.SAHAM -0.27%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

Bisnis Mall Membaik, Ini Jurus Pakuwon Jati (PWON) Maksimalkan Potensi


Minggu, 03 Juli 2022 / 07:55 WIB
Bisnis Mall Membaik, Ini Jurus Pakuwon Jati (PWON) Maksimalkan Potensi


Reporter: Vina Elvira | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Segmen bisnis mall PT Pakuwon Jati Tbk (PWON) berhasil mencatatkan kinerja positif selama tahun 2022 ini. Perusahaan mencatat pendapatan dari mall tumbuh 29% yoy, dari sebelumnya Rp 464 miliar menjadi Rp 600 miliar hingga kuartal pertama tahun ini. 

"Pendapatan mall kuartal I-2022 tumbuh 29% dibanding kuartal I-2021 yaitu dari Rp 464 miliar menjadi Rp600 miliar, sejalan dengan target pendapatan mall tahun 2022," ungkap Direktur PWON Minarto Basuki, baru-baru ini. 

Pihaknya tidak membeberkan secara detail berapa besaran pertumbuhan atau target pendapatan yang dibidik dari segmen bisnis mall ini. Namun dia menyatakan bahwa pendapatan mall berkontribusi sebanyak 46% dari total pendapatan PWON per Maret lalu. 

Pakuwon Jati sudah menyiapkan sejumlah strategi untuk memaksimalkan segmen bisnis mall tahun ini.

Baca Juga: Saraswanti Indoland (SWID) Raup Recurring Income Rp 44,4 Miliar Semester I 2022

Beberapa strategi yang dijalankan antara lain, mengisi mall dengan tenant-tenant baru, mengadakan berbagai event, serta memanfaatkan teknologi digital untuk mendukung pengembangan usaha salah satunya dengan meluncurkan aplikasi Pakuwon Lifestyle. 

Tak hanya itu, di tahun 2022 ini PWON juga melakukan renovasi mall, seperti Mall Pakuwon yang berlokasi di Yogyakarta. 

Adapun, mengutip catatan Kontan.co.id sebelumnya, PWON mengalokasikan belanja modal atau capital expenditure (Capex) total Rp 2,9 triliun tahun ini. 

Anggaran capex Rp 2,9 triliun tersebut akan dipakai selain untuk renovasi dua mall di Yogyakarta dan Solo, juga sebagai modal konstruksi proyek Pakuwon Mall Bekasi, Pakuwon City Mall Extension, serta rencana pembelian tanah beserta peluang akuisisi operating asset lainnya.

Baca Juga: Adhi Karya (ADHI) Catatkan Kontrak Baru Rp 9,9 Triliun Hingga Mei 2022

Dia juga menambahkan, tenant-tenant fesyen masih menjadi kontributor terbesar penyewa toko di mall Pakuwon. Hal ini sejalan juga dengan tren permintaan sewa tenant yang masih condong lebih tinggi berasal dari ritel fesyen. 

Sebagai informasi, per Maret lalu, PWON tercatat membukukan pendapatan sebesar Rp 1,3 triliun. Tumbuh 17,11% daripada pendapatan per Maret 2021 yang senilai Rp 1,11 triliun.  Pakuwon juga mampu meraup pertumbuhan laba bersih hingga 56,57% yoy menjadi Rp 370,60 miliar selama kuartal pertama tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×