kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,13   -7,68   -0.85%
  • EMAS1.338.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisnis Menggeliat, Supra Boga Lestari (RANC) Akan Tambah Dua Gerai Baru Tahun Ini


Minggu, 29 Januari 2023 / 09:30 WIB
Bisnis Menggeliat, Supra Boga Lestari (RANC) Akan Tambah Dua Gerai Baru Tahun Ini


Reporter: Vina Elvira | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten ritel, PT Supra Boga Lestari Tbk (RANC) optimistis dalam menapaki bisnis selama tahun 2023 ini. Berbekal ekspansi gerai yang telah dilakukan selama 2020-2022, pihaknya yakin kinerja perusahaan bakal bertumbuh dibandingkan tahun lalu. 

Direktur Utama Supra Boga Lestari Meshvara Kanjaya tak menyebut secara detail berapa angka pertumbuhan pendapatan yang diincar tahun ini. Namun, pihaknya meyakini ekspansi gerai yang telah dijalankan selama dua tahun terakhir akan membuahkan hasil positif ke kinerja perseroan tahun ini. 

"Walaupun banyak ahli mengatakan bahwa tahun 2023 adalah tahun yang sangat berat, namun kami tetap optimis akan bisa bertumbuh dikarenakan selama tahun 2020-2022 kami membuka 33 gerai & sekarang gerai-gerai baru tersebut telah menunjukkan pertumbuhan penjualan," ungkap Meshvara kepada Kontan.co.id belum lama ini. 

Sebagaimana diketahui, RANC memiliki lima merek supermarket meliputi Ranch Market, Farmers Market, Gourmet by Ranch Market, Day2Day by Farmers Market, dan Pasarina by Ranch Market.

Baca Juga: Summarecon Agung (SMRA) Catatkan Marketing Sales Rp 4,9 Triliun Sepanjang Tahun 2022

Per Juni 2022, Supra Boga Lestari tercatat mengoperasikan 70 toko, yang terdiri dari 18 gerai Ranch Market, 2 gerai The Gourmet by Ranch Market, 1 gerai Pasarina by Ranch Market, 35 gerai Farmers Market, 3 gerai Day2Day by Farmers Market, dan 11 gerai Farmers Family by Farmers Market di Jabodetabek, Surabaya, Malang, Gresik, Semarang, Dumai, Pekanbaru, Palembang, Balikpapan, Samarinda, dan Ambon.

Meshvara menuturkan, selain ekspansi gerai, RANC juga telah menjalankan sejumlah upaya sebagai bekal pertumbuhan bisnis ke depan. Di antaranya dengan memperbaiki system logistic & kapabilitas sumber daya manusia sebagai salah satu cara untuk menyiapkan pertumbuhan di 2023. 

"Kami juga memperkuat ekosistem & omnichannel kami dengan keluarga besar Blibli dan Tiket.com," sebutnya. 

Ketika ditanya terkait potensi peningkatan penjualan selama penyelenggaraan pemilu, dia menilai bahwa pemain minimarket-lah yang akan lebih merasakan berkah dari momentum 5 tahunan tersebut. Sebab, sebaran outlet mereka yang juga jauh lebih banyak. 

Meski begitu, RANC tetap optimistis berkat sebaran gerainya yang tak hanya ada di Pulau Jawa saja, menjadi katalis positif bagi perseroan untuk menuai pertumbuhan. Terlebih, tren penjualan di gerai luar Pulau Jawa pun diklaim cukup bagus. 

"Kami juga merupakan salah satu peritel nasional yang mempunyai beberapa gerai di luar pulau Jawa seperti di Palembang, Pekan Baru, Dumai, Balikpapan, Samarinda & Ambon; dan pertumbuhan bisnis di luar pulau Jawa juga cukup bagus," jelas dia. 

Tak menyebutkan secara detail berapa nilai investasi yang disiapkan, Meshvara bilang di tahun 2023 ini pihaknya hanya akan membuka dua gerai anyar yang berlokasi di Alam Sutera Serpong dan juga di Makassar. 

Baca Juga: Logindo Samudramakmur (LEAD) Optimistis Kantongi Revenue US$ 29 Juta Sepanjang 2023

Hingga kuartal III-2022, RANC tercatat membukukan pendapatan bersih sebesar Rp 2,19 triliun. Angka ini naik tipis 0,77% dari sebelumnya Rp 2,18 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya. 

Supra Boga Lestari terpantau menanggung rugi periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp 59,93 miliar hingga akhir September tahun lalu. Padahal, pada tahun 2021 perusahaan ini masih meraup laba hingga Rp 26,31 miliar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×