kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisnis Mobil Bekas Masih Punya Peluang untuk Bertumbuh


Kamis, 15 Februari 2024 / 04:00 WIB
Bisnis Mobil Bekas Masih Punya Peluang untuk Bertumbuh
ILUSTRASI. Pasar mobil bekas memiliki peluang untuk terus bertumbuh./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/12/02/2024.


Reporter: Diki Mardiansyah | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pasar mobil bekas memiliki pasarnya tersendiri dan memiliki peluang untuk terus bertumbuh di tengah potensi persaingan yang makin ketat.

Bukti pasar mobil bekas yang masih memiliki potensi ini bisa dilihat dari Agen Pemegang Merek (APM) otomotif yang masuk ke bisnis mobil bekas. Salah satunya adalah PT Honda Prospect Motor (HPM) yang telah membuka beberapa dealer mobil bekas bersertifikasi di sejumlah kota. 

Sales & Marketing and After Sales Director Honda Prospect Motor Yusak Billy mengatakan, tren harga mobil bekas selalu tergantung pada kondisi pasar, permintaan konsumen, dan juga kekuatan dari produknya sendiri.

"Semakin baik sebuah brand dan kualitas produknya, maka nilai jual kembali dan harga mobil bekasnya juga semakin terjaga," kata Billy kepada KONTAN, Rabu (14/2).

Baca Juga: Pilihan Mobil Bekas Tak Sampai Rp 100 Jutaan di Februari 2024

Ia menuturkan, Honda Prospect Motor (HPM) tidak memiliki data penjualan mobil bekas secara total, namun Honda sendiri mulai memperkenalkan dealer yang menawarkan mobil bekas bersertifikasi (Honda Certified Used Car).

"Sepanjang tahun lalu, permintaan konsumen untuk mobil bekas Honda di dealer kami cukup baik, di mana tercatat penjualan sekitar 200 unit," ujar Billy.

Berkaca pada bisnis mobil bekas yang masih menggiurkan, Billy menilai penjualan mobil bekas masih bisa bertumbuh di Indonesia karena rasio kepemilikan mobil yang masih rendah dan banyaknya permintaan dari segmen first time buyer. 

Oleh karena itu, mobil bekas menjadi opsi untuk konsumen yang menginginkan mobil dengan harga lebih terjangkau.

Asal tahu saja, Honda Certified Used Car merupakan sertifikasi yang secara resmi diberikan oleh Honda kepada mobil bekas Honda dengan pemakaian di bawah 5 tahun dan telah melalui pemeriksaan kualitas secara menyeluruh, serta direkondisi dengan menggunakan suku cadang asli Honda.

Segala pemeriksaan dan perbaikan dilakukan oleh teknisi Honda yang terlatih sehingga kendaraan memiliki kualitas terjamin serta harga yang bersaing.

Di samping itu, bagi konsumen yang sudah memiliki mobil Honda dan ingin menggantinya dengan mobil Honda baru, konsumen dapat melakukan trade-in atau tukar tambah secara mudah dan praktis dengan menjual mobil bekasnya ke Dealer Honda Certified Used Car yang merupakan mitra resmi dari dealer resmi Honda. Pada saat yang sama, konsumen dapat membeli mobil Honda baru di dealer resmi Honda.

Billy menambahkan, sangat memungkinkan bagi HPM untuk kembali memperluas jaringan dealer mobil bekas Honda dalam beberapa waktu mendatang. Hal ini tentu dengan mempertimbangkan kondisi permintaan konsumen di berbagai daerah Indonesia.

Sementara itu, Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie Sugiarto mengungkapkan, adanya sejumlah APM yang terjun membuka lini bisnis mobil bekas menjadi pertanda bahwa pasar mobil tersebut sangat menarik di Indonesia.

Memang, harus diakui bahwa banyak konsumen tertentu yang lebih suka memilih mobil bekas untuk beberapa merek atau tipe tertentu dengan berbagai alasan. Hal ini yang membuat bisnis mobil bekas memiliki potensi cuan yang menjanjikan bagi para pelaku usaha di dalamnya.

Baca Juga: Upayakan Kinerja Bisnis Tumbuh Positif, Ini Strategi Adi Sarana Armada (ASSA)

"Mobil bekas tetap besar pasarnya, masyarakat yang belum bisa beli mobil baru, ya pilih mobil bekas," kata Jongkie kapada KONTAN, Rabu (14/3).

Adapun PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) menilai peluang usaha mobil bekas masih menggiurkan pada masa mendatang di tengah potensi persaingan yang makin ketat.

Hingga kuartal III-2023, MPMX melalui MPM Rent telah menjual mobil bekas sebanyak 2.500 unit atau naik 21% year on year (YoY) dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Unit mobil bekas yang paling diminati masih berasal dari Multipurpose Vehicle (MPV) dan Sport Utility Vehicel (SUV) seperti Toyota Avanza, Kijang Innova, Fortuner, dan Honda CR-V.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×