kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   21.000   1,38%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Bisnis oke, Elevenia bisa revisi target


Sabtu, 19 September 2015 / 11:41 WIB
Bisnis oke, Elevenia bisa revisi target


Reporter: Dityasa H Forddanta | Editor: Havid Vebri

JAKARTA. Bisnis jual beli lewat online yang jamak disebut e-commerce tengah moncer. Ini terlihat dari hasil transaksi Elevenia, situs belanja kelolaan PT XL Planet, salah satu lini bisnis PT XL Axiata Tbk (EXCL).

Menurut Lila Nirmandani, Chief Financial Officer XL Planet, sejatinya pihaknya menargetkan, sampai akhir tahun ini, Elevenia bisa mencatatkan total transaksi kotor atau gross merchandise volume (GMV) sebesar Rp 1,1 triliun.

Namun, melihat minat konsumen berbelanja via online masih terus tumbuh, Elevenia berpikir untuk merevisi target. "Kami, memang belum sampai merevisi target, tapi kami optimistis bisa mencatat GMV lebih besar. Hingga akhir tahun ini, GMV bisa tembus sekitar Rp 1,3 triliun," ungkap Lila kepada KONTAN, Jumat (18/9).

Memang ia akui, kondisi makro ekonomi domestik tengah melambat. Tapi pada kenyataannya, bisnis situs belanja di tanah air terus berkembang, tidak terkecuali Elevenia yang baru mulai beroperasi awal tahun lalu.

Rupanya, ia menilai, pada saat roda ekonomi domestik melambat pelan, justru baik konsumen dan penjual mencari celah atau cara lain untuk bisa bertransaksi bisnis serta berbelanja, yakni lewat saluran atau lain di dunia maya alias online.

Sejumlah penjual atau reseller yang biasanya menjajakan produk lewat gerai toko alias jalur offline langsung memanfaatkan atau malah beralih ke penjualan online.

Ternyata, bagi mereka, hal ini cukup efektif dan efisien. Mereka bisa menjangkau konsumen lebih luas. Biaya-biaya yang selama ini menjadi beban juga bisa dipangkas melalui sistem belanja online. "Jadi, kami lihat, sekarang mulai banyak pemain offline yang mulai dan mau terjun ke online," tandas Lila.

Selain itu, kata Lila, pelaku bisnis yang menerapkan sistem belanja online masih sedikit. Bila dibandingkan dengan potensi pasar yang masih tinggi, maka ada peluang bisnis yang masih terbuka lebar bagi pebisnis untuk masuk ke bisnis online.

"Kalau dibandingkan dengan industri ritel secara keseluruhan, e-commerce itu masih nol koma sekian persen," ujar dia.

Sayang, Lila tidak memerinci target pertumbuhan bisnis Elevenia sampai akhir tahun ini. Yang jelas, sampai semester satu tahun ini, Elevenia mendapatkan 50 juta kunjungan per bulan dan menghasilkan rata-rata 15.000 transaksi per bulan.

Meski begitu, manajemen PT XL Axiata bilang, untuk beberapa tahun, Elevenia masih bakal merugi. Tapi melihat pertumbuhannya, bisa saja pada 2019 sudah untung.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×