kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.930
  • SUN92,51 0,63%
  • EMAS612.058 0,50%

Bisnis water park semakin basah

Selasa, 12 Juni 2018 / 11:00 WIB

Bisnis water park semakin basah
Wisata air di The Jungle Waterpark



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jelang libur Lebaran, salah satu tempat wisata yang menjadi buruan para pelancong, terutama keluarga dan anak-anak, adalah taman rekreasi air atau water park. Apalagi libur Lebaran kali  ini berbarengan dengan libur sekolah yang jatuh pada pertengahan tahun ini.

Sejumlah pebisnis tempat wisata air pun sudah bersiap. Maklum, biasanya di periode tersebut terjadi lonjakan jumlah pengunjung laiknya saat akhir pekan atau hari libur lainnya.  


Berbicara soal kunjungan ke rekreasi air tersebut, dalam laporan Global Attractions Attendance Report terbaru yang dikeluarkan perusahaan teknologi AECOM asal Los Angeles, Amerika Serikat, ada tiga water park lokal yang masuk jajaran 20 taman air terbaik untuk versi jumlah pengunjung   terbanyak.

Salah satunya Atlantis Water Adventures, salah satu wahana rekreasi milik Taman Impian Jaya Ancol. Menurut Agung Praptono, Sekretaris Perusahaan PT Taman Impian Jaya Ancol, wahana Atlantis Ancol sudah masuk kategori water park terbaik Asia Pasifik untuk kali keiga. "Tiga tahun terakhir ini kami selalu masuk 20 besar Asia Pasifik," katanya ke KONTAN, (4/6).

Hasil tersebut tidak terlepas dari jumlah pengunjung di arena rekreasi air tersebut. Rata-rata, Atlantis dikunjungi 1,214 orang per hari di hari biasa. Sedangkan di akhir pekan, seperti hari Sabtu dan Minggu jumlahnya naik berlipat menjadi rata-rata 4.472 pengunjung  per harinya.

Masih stabilnya jumlah pengunjung di Atlantis, dan termasuk wahana air pionir di negeri ini, tidak terlepas dari upaya Jaya Ancol untuk terus membenahi wahana rekreasi yang ada. Termasuk juga arena Atlantis. Seperti terus melakukan pembenahan serta layanan ke para pengunjung. "Saban tahun kami kami terus mengembangkan layanan, baik itu dengan menambah wahana baru  maupun peremajaan fasilitas," tuturnya.

Kebetulan Jaya Ancol sudah menambah dua wahana baru yang sudah beroperasi pada tahun ini.  Yakni Sky Box dan Dragon Race. Untuk menambah dua wahana tersebut, Jaya Ancol merogoh kocek Rp 15 miliar.

Dengan adanya dua tambahan wahana anyar tersebut, manajemen Jaya Ancol berharap jumlah kunjungan Atlantis bisa terus bertambah. Tidak cuma untuk tahun ini saja, tapi juga sampai dua hingga tiga tahun ke depan.

Langkah lainnya adalah memperbaiki fasilitas keamanan bagi para pengunjung senilai Rp 7 miliar. Namun, Agung tidak merinci fasilitas yang dimaksud.

Manajemen Jaya Ancol berharap, upaya tersebut bisa mendongkrak jumlah kunjungan ke Atlantis tumbuh 10% dari tahun lalu. Artinya, Atlantis membidik jumlah kunjungan satu juta yang telah diraih di tahun 2016.

Sejatinya, water park terbanyak dikunjungi orang di Indonesia jatuh ke The Jungle Water Adventure Bogor duduk di posisi ke 10 atau naik tiga peringkat dari tahun 2016, mengalahkan Atlantis.

Menurut Firanto, General Manager The Jungle Water Adventure Bogor, pihaknya belum melakukan ekspansi bisnis hingga saat ini. Malah, ia belum berencana menambah wahana anyar.

Yang manajemen ini lakukan hanya untuk meningkatkan kepuasan kepada para pengunjung. Semisal pelayanan tiket ke pengunjung, keramahan petugas,  kesigapan petugas di areal tempat bermain serta perlengkapan P3K.

Strategi yang terbilang sederhana ini terbukti moncer. Tahun lalu saja, The Jungle Water Bogor meraup pendapatan Rp 60,5 Miliar dengan total jumlah pengunjung  mencapai 909.000 orang di periode yang sama.

Melihat hasil tersebut, manajemen perusahaan optimistis pendapatan tahun ini bisa tumbuh lebih baik. "Tahun ini kami targetkan jumlah pengunjung dan pendapatan naik 10% dari tahun lalu," tukasnya.

Reporter: Nur Pehatul Janna, Puspita Saraswati
Editor: Markus Sumartomjon

INDUSTRI PARIWISATA

TERBARU
KONTAN TV
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0007 || diagnostic_api_kanan = 0.0560 || diagnostic_web = 0.3686

×