kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,27   -23,45   -2.53%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Blibli Dongkrak Jumlah Pelanggan Hingga 30% Lewat Optimalisasi Media Sosial


Senin, 31 Oktober 2022 / 11:59 WIB
Blibli Dongkrak Jumlah Pelanggan Hingga 30% Lewat Optimalisasi Media Sosial
ILUSTRASI. PT Global Digital Niaga Tbk atau Blibli.


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Global Digital Niaga Tbk (Blibli) melancarkan sejumlah strategi untuk mendorong pertumbuhan pelanggan. Salah satunya dengan mengoptimalisasi saluran media sosial.

SVP Marketing Loyalty & CRM Blibli, Soegianto Martanto, mencontohkan optimalisasi WhatsApp sebagai salah satu messaging apps populer dengan pengguna terbesar di Indonesia. Blibli mengoptimalkan WhatsApp untuk memberikan informasi terkini bagi konsumen serta meningkatkan kedekatan dan loyalitas dengan pelanggan.

"Dalam menjaga relevansi dan pengalaman berbelanja, kami terus meningkatkan kapabilitas dan menerapkan pendekatan yang lebih tepat, dekat dan familiar bagi pelanggan lewat kanal pesat singkat seperti WhatsApp," sebut Soegianto dalam rilis yang disiarkan Senin (31/10).

Dalam strategi ini, Soegianto memastikan Blibli mengirimkan pesan yang sesuai dengan consent atau persetujuan pelanggan. Langkah tersebut sejalan dengan kebijakan dari Meta terhadap penggunaan WhatsApp sebagai saluran komunikasi dengan pelanggan.

Menurut Soegianto, upaya dalam meningkatkan pengalaman pelanggan ini membuat Blibli mampu meningkatkan jumlah pelanggan di dua level membership tertinggi pada periode enam bulan terakhir.

Baca Juga: Mengukur Profitabilitas dan Potensi Dividen Blibli (BELI) menjelang IPO

"Pada pelanggan di Infinite Level, Blibli berhasil mencatatkan pertumbuhan 20%. Sedangkan pelanggan di Premier Level meningkat 30%," imbuh Soegianto.

Strategi Blibli yang berhasil meningkatkan loyalitas pelanggan tersebut diganjar dengan penghargaan di Reshape Customer Experience Awards 2022 dalam kategori Best Use of Emerging Messaging Channel. Dalam penghargaan ini Blibli lebih unggul dari lebih dari 25 perusahaan lain yang berpartisipasi.

Adapun Reshape Customer Experience Awards 2022 memberikan penghargaan terhadap 23 negara secara terpisah dengan 16 kategori penghargaan. Customer Success Director The Insider, Edwin Suryadi Halim, mengungkapkan ajang ini sebagai apresiasi perusahaan dari berbagai negara yang menciptakan cara baru menghadirkan customer experience yang lebih bermakna.

Soegianto juga menambahkan bahwa Blibli akan terus beradaptasi terhadap perkembangan zaman. Sebelumnya, Blibli menjadikan e-mail, push notification, dan Over The Page (OTP) sebagai emerging channel yang dioptimalkan.

"Kami memaknai penghargaan ini sebagai momentum dalam memperkuat komitmen sebagai omnichannel commerce dan lifestyle platform terintegrasi dan terpercaya yang mengutamakan kepuasan pelanggan," tutup Soegianto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×