kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,59   -9,90   -1.07%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bos Adaro Energy (ADRO) ini masuk 20 pengusaha tersukses versi Fortune


Senin, 22 November 2021 / 09:52 WIB
Bos Adaro Energy (ADRO) ini masuk 20 pengusaha tersukses versi Fortune
ILUSTRASI. Presiden Direktur PT Adaro Energy Tbk (ADRO) Garibaldi Thohir


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Direktur PT Adaro Energy Tbk (ADRO) Garibaldi Thohir alias Boy Thohir terpilih sebagai salah satu dari 20 pengusaha terbaik atau Businessperson of the Year 2021 versi Majalah Fortune Indonesia.

Penilaian Fortune mengacu pada keberhasilan pria yang akrab disapa Boy Thohir itu dalam mengelola perusahaan sepanjang tahun 2020. Kendati ekonomi dihantam pandemi Covid-19, Boy Thohir mampu meningkatkan kinerja Adaro.

Secara terperinci, komposisi penilaian berdasarkan pada kinerja perusahaan selama tahun pertama pandemi Covid-19 sebesar 25%, sedangkan 50% mengacu pada performa bisnis pada semester pertama tahun ini.

Fortune Indonesia melihat pertumbuhan pendapatan, laba bersih, return on asset (ROA), return on equity (ROE), dan lainnya. Sementara itu, penilaian lainnya ditentukan dari faktor kepemimpinan, Good Corporate Governance (GCG), aksi korporasi, hingga terobosan yang dilakukan.

"Garibaldi Thohir membangun Adaro Energy hingga menjadi salah satu perusahaan batu bara terbesar di Indonesia, bahkan dunia," tulis Fortune.

Baca Juga: Penggunaan batubara berencana dikurangi, simak rekomendasi saham emiten batubara

 

Selain Boy Thohir, pengusaha nasional yang juga masuk ke dalam jajaran 20 besar itu adalah Franky Oesman Widjaja, Chairman sekaligus CEO Golden Agri Resources Ltd., induk usaha PT Sinar Mas Agro Resources & Technology Tbk dan juga Anthony Salim CEO Salim Group.

Asal tahu saja, Boy Thohir memulai bisnis batubara sejak tahun 1992. Kini, tak hanya aktif di Adaro, Boy juga menjabat sebagai Komisaris Gojek. Bisnis yang dijalani Boy pun cukup bervariasi, mulai dari otomotif, finansial, hingga pelabuhan.

Boy mengatakan optimistis terhadap perkembangan Indonesia. Sebab itu, dia mengaku seluruh bisnis miliknya berada di Indonesia.

“Negara ini sangat luar biasa dengan jumlah penduduknya, geografis, keragaman, market yang segmennya bermacam-macam,” kata Boy dalam keterangan yang dikutip Kontan.co.id, Senin (22/11).

Namun, untuk merawat bangsa Indonesia, butuh perjuangan. Dia bilang, tidak bisa taken for granted. Jika bangsa ini terpecah belah tidak akan ada perusahaan seperti Adaro ataupun Astra.  

Boy mengatakan, dia ingin mewariskan ilmunya untuk generasi mendatang. Dia berpesan agar generasi mendatang terus berjuang memajukan Indonesia.

“Buat saya yang penting bagaimana negara ini maju. It’s a never ending story, kita harus terus berjuang,” pungkas Boy.

Selanjutnya: Pertumbuhan ekonomi melambat, Bank Sentral China (PBOC) beri sinyal pelonggaran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×