kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BPJT Melelang Sejumlah 6 Ruas Jalan Tol, Ini Perinciannya


Minggu, 20 Februari 2022 / 18:15 WIB
BPJT Melelang Sejumlah 6 Ruas Jalan Tol, Ini Perinciannya
ILUSTRASI. Tol Bogor-Serpong. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/hp.


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah terus berupaya menggenjot pembangunan jalan tol. Melalui Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat(PUPR) masih melaksanakan lelang enam jalan tol dengan perkiraan total nilai investasi sebesar Rp 95,05 triliun.

Berdasarkan laman resmi BPJT, adapun keenam proyek yang dilelang tersebut adalah ruas Sentul Selatan- Karawang Barat, Gilimanuk-Mengwi, Jalan Tol Kamal-Teluknaga–Rajeg, JORR Elevated Cikunir-Ulujami, Jalan Tol  Akses Patimban dan Bogor-Serpong Via Parung.

Berikut ini profil keenam jalan tol tersebut.

Sentul Selatan-Karawang Barat

Proyek pengusahaan Jalan Tol Sentul Selatan-Karawang Barat memiiki panjang mencapai 61,5 Km dengan nilai investasi sekitar Rp 15,37 triliun. Keberadaan proyek ini diharapkan dapat mengurangi beban kendaraan di Tol Jagorawi dan Jakarta-Cikampek.

Berdasarkan laman resmi simpulkpbu Kementerian PUPR, proyek jalan Tol Sentul Selatan-Karawang Barat merupakan bagian dari rencana pengembangan Jakarta Outer Ring Road (JORR). Jalan tol ini diprakarsai oleh PT Pama Persada Nusantara dengan estimasi mampu menghasilkan IRR 12,08%.

Saat ini,  proyek yang menghubungkan Sentul Selatan dengan Karawang Barat ini masih berada dalam tahap pra-kualifikasi. Peminat yang tertarik berinvestasi dapat melakukan pendaftaran melalui https://bpjt.pu.go.id/invest_reg_sentul, mulai dari 26 Januari 2022 hingga 4 April 2022.

Baca Juga: Siap-Siap, Tarif 12 Ruas Jalan Tol Ini Segera Naik di Kuartal I 2022

Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi

Kedua, adalah proyek Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi. Proyek jalan tol Gilimanuk-Mengwi memilki panjang 96,21 Km dengan nilai investasi yang diperkirakan sekitar Rp 22,14 triliun. Jalan tol ini akan mencakup 3 kabupaten di Provinsi Bali yaitu Kabupaten Jembarana, Tabanan, dan Badung.

Sebelumnya, pada 24 mei 2021 panitia pelelangan pengusahaan jalan tol telah selesai mengevaluasi Dokumen Prakualifikasi Perusahaan ataupun Konsorsium, dan telah menetapkan pihak yang lulus prakualifikasi yakni PT Sumber Rhodium Perkasa, PT Cipta Sejahtera Nusantara dan PT Bumi Sentosa Dwi Agung.

Perkembangan terkini, proyek Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi telah memasuki tahap penyerahan berita acara negosiasi.




TERBARU

[X]
×