kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45832,75   2,05   0.25%
  • EMAS945.000 0,53%
  • RD.SAHAM -0.46%
  • RD.CAMPURAN -0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Budi Karya berharap NLE mampu tingkatkan daya saing logistik nasional


Kamis, 24 September 2020 / 18:58 WIB
Budi Karya berharap NLE mampu tingkatkan daya saing logistik nasional
ILUSTRASI. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah) didampingi Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin (kiri) berbincang dengan seorang calon penumpang saat melakukan sidak penerapan protokol kesehatan di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)

Reporter: Ratih Waseso | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berharap dengan adanya penerapan National Logistic Ecosystem (NLE) mampu meningkatkan daya saing logistik Indonesia. Pasalnya Indonesia masih bermasalah dalam daya saing logistik nasional.

"Daya saing kita emang masih bermasalah, insyaallah (NLE) ini jadi solusinya," kata Budi saat Virtual Konferensi Pers Bersama Ekosistem Logistik Nasional pada Kamis (24/9).

Budi menyampaikan bahwa peningkatan saya saing harus dilakukan, dan pihaknya tentunya sangat mendukung dengan penerapan dari NLE tersebut.

Baca Juga: Dirjen Hubdat yakin bisa realisasikan seluruh anggaran program padat karya tahun ini

"Kita sadar bahwa hambatan, kecepatan, biaya yang tinggi harus kita tingkatkan, agar perdagangan internasional dan domestik itu bisa lebih baik oleh karenanya saya apresiasi apa yang dilakukan. Karena keseharian kita dengan swasta yang nanti akan tergabung dalam NLE ini kita harus berkolaborasi untuk suatu ekosistem logistik dan kita harapkan bisa memberikan dampak yang maksimal," jelas Budi.

Pihaknya juga memastikan akan berperan aktif dalam penerapan NLE serta ingin agar segera upaya penataan, kongkritditas, aksesbilitas penataan antar kawasan jadi lebih baik.

Budi menambahkan, pihaknya juga sudah menggunakan platform digital untuk efisiensi proses dan biaya, salah satunya menggabungkan platform logistik yang menyederhanakan proses bisnis dari pre clearance melalui single submission penerapan online on gate di pelabuhan dan integrasi semua moda transportasi logistik.

Adapun Budi juga menyebut bahwa pihaknya juga melakukan kajian bersama ITB dimana kajian tersebut menyatakan dengan adanya pandemi Covid-19 saat ini tidak menjadi halangan. Namun Ia menggarisbawahi bahwa segala upaya yang dilakukan haruslah tetap berpegang pada penerapan protokol kesehatan.

Baca Juga: Pelabuhan Patimban beroperasi akhir 2020

"Kita harus lakukan upaya dengan memastikan protokol kesehatan berjalan dengan baik pelabuhan. Kami dorong perusahaan logistik bisa jalin kerja sama dengan sistem ini, Saya yakin ini akan perlancar dan permudah proses yang selama ini mungkin menjengkelkan berbagai pihak. Kita harapkan NLE ini bisa terwujud dan solusi bagi kita semuanya," ungkapnya.

Asal tahu, NLE adalah Ekosistem logistik yang menyelaraskan arus lalu lintas barang dan dokumen international sejak kedatangan sarana pengangkut hingga barang tiba di gudang, berorientasi pada kerja sama antar instansi pemerintah dan swasta, melalui pertukaran data, simplifikasi proses, penghapusan repetisi dan duplikasi, serta didukung oleh sistem teknologi informasi yang mencakup seluruh proses logistic terkait dan menghubungkan sistem – sistem logoistik yang telah ada.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
MiniMBA on Problem Solving using world class consultants approach Sukses Memimpin: Kunci Kepemimpinan Asertif Batch 2

[X]
×