kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bukit Asam (PTBA) sudah serap capex Rp 302 miliar pada kuartal I-2019


Rabu, 08 Mei 2019 / 17:01 WIB
Bukit Asam (PTBA) sudah serap capex Rp 302 miliar pada kuartal I-2019


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PT Bukit Asam Tbk (PTBA) masih belum membelanjakan secara optimal alokasi capital expenditure (capex) di sepanjang Kuartal I 2019. Dalam periode tersebut, emiten batubara plat merah itu baru merealisasikan capex sebesar Rp 302 miliar dari total belanja modal yang dianggarkan tahun ini senilai Rp 6,47 triliun.

Sekretaris Perusahaan PTBA Suherman menyampaikan, serapan capex Kuartal I ini ditujukan untuk investasi rutin dan penembangan. Suherman merinci, investasi rutin untuk oeprasional perusahaan menyerap dana sebesar Rp 147 miliar dan investasi untuk pengembangan sebesar Rp 155 miliar.

Suherman menjelaskan, investasi pengembangan tersebut antara lain diserap untuk pengembangan angkutan ke Dermaga Kertapati menuju 5 juta ton dan pembebasan lahan untuk pengembangan angkutan menuju Pelabuhan Tarahan second line. "Serta investasi pemindahan perumahan karyawan dalam rangka optimalisasi produksi batubara kualitas tinggi," saat dihubungi Kontan.co.id, Rabu (8/5).

Secara umum, lanjut Suherman, realisasi capex pada Kuartal I ini sudah sesuai target yang direncanakan. Hal itu lantaran, ada beberapa rencana investasi yang mengalami kemunduran jadwal karena masih dalam proses pengadaan.

Suherman pun mengatakan, serapan capex akan semakin menanjak seiring dengan aktivitas operasional dan investasi yang akan dikerjakan pada kuartal-kuartal selanjutnya. Adapun, rencana capex pada kuartal II sebagian besar akan direalisasikan untuk pengembangan perusahaan, antara lain berupa penyelesaian pengembangan angkutan kereta api ke Dermaga Kertapati, lanjutan pengembangan angkutan ke Pelabuhan Tarahan second line, serta untuk setoran modal Engineering, Procurement, and Construction (EPC) PLTU Sumsel 8.

"Juga penyiapan kawasan ekonomi khusus di Tanjung Enim, pembangunan infrastruktur dan optimalisasi aset di Jakarta," terang Suherman.

Ia mengatakan, sampai saat ini PTBA masih akan mendanai capex dari kas internal, dan belum ada rencana tambahan dari target belanja modal tahunan yang sudah ditetapkan. "Saat ini PTBA masih mengacu pada rencana capex yang telah dianggarkan dalam RKAP 2019," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×