kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara cerdas merawat tanaman di apartemen


Rabu, 16 November 2016 / 15:15 WIB
Cara cerdas merawat tanaman di apartemen


Sumber: rumahku.com | Editor: Rizki Caturini

Jika Anda tinggal di apartemen dan memiliki tanaman hias, akan teramat sulit untuk menjaganya agar dapat tetap bertahan hidup. Sebagian besar, tanaman berakhir mati.  Biasanya diawali  dari warna daun yang berubah coklat, dan kelopak bunga perlahan mulai turun.

Merawat tanaman untuk hunian tipe apartemen memang tidaklah mudah. Mulai dari  sulitnya mendapatkan asupan sinar matahari langsung, sampai persoalan harus  menyiram dan memangkas

 Memiliki tanaman di apartemen, berarti Anda harus memberikannya perhatian esktra dan perawatan yang tepat. Berikut beberapa cara cerdas yang dapat Anda terapkan agar tanaman Anda dapat tumbuh dengan baik dan memberi manfaat positif bagi Anda:

Pertama, tanaman indoor rata-rata harus berada pada tingkat kelembaban yang konsisten. Jadi ketahui atau hitunglah tingkat kelembaban di apartemen Anda, dengan begitu Anda baru dapat mengetahui jenis tanaman apa yang cocok untuk Anda gunakan.

Sebagian besar tanaman tropis jelas lebih banyak membutuhkan kelembaban. Namun jika kelembaban di ruangan terasa kurang, Anda dapat menerapkan hal berikut:

Misalnya, Anda dapat menempatkan kerikil di bagian bawah wadah tanaman Anda, kemudian letakkan wadah ke dalam piring berisi air. Untuk bagian daun dan  batang, Anda dapat menggunakan botol semprot berisi air. Jadi tanaman Anda bisa mendapat asupan air yang cukup setiap saat.

Kedua, mesti Anda perlu menyiram secara teratur untuk menjaga kelembaban, namun bukan berarti Anda memberi asupan air secara berlebihan. Biasanya jika air berlebih, akar akan cepat membusuk. Jadi jangan terlau sering menyiramnya, beri jeda waktu yang ideal.

Keempat, selain asupan air, asupan cahaya yang ideal pun sangat dibutuhkan tanaman agar dapat berkembang dengan baik. Jadi perhatikan sekitar apartemen Anda, pada bagian mana sinar alami matahari menerangi secara ideal.

Jika apartemen Anda memiliki beberapa jendela, Anda dapat meletakkan tanaman Anda di sana. Meletakkan dekat jendela, memungkinan tanaman mendapatkan asupan cahaya alami dan udara segar yang cukup.

Kelima, jangan lupa untuk memberi pupuk. Pemberian pupuk yang ideal akan berpengaruh positif pada pertumbuhan tanaman Anda. Namun ingat, jangan memberi pupuk terlalu banyak karena baunya dapat menarik serangga untuk berdatangan.

Keenam, hindari memindahkan pot tanaman Anda terlalu sering. Kadang Anda mungkin tergoda untuk memindah-mindahkan tanaman Anda untuk mempercantik dekorasi ruang, namun itu berarti tanaman harus menyesuaikan diri lagi dengan lingkungan barunya, yang belum tentu cocok untuknya.

Jika Anda telah menempatkan tanaman Anda pada posisi yang ideal, di mana tanaman mendapatkan asupan cahaya alami yang cukup, sebaiknya jangan pernah tergoda untuk memindahkannya.

(sumber : Rumahku.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×