kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara Optik Melawai Membesarkan bisnis


Senin, 23 Oktober 2017 / 17:18 WIB
Cara Optik Melawai Membesarkan bisnis


Reporter: Asnil Bambani Amri | Editor: Asnil Amri

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jaringan ritel optik Melawai makin eksis di bisnis peralatan optik untuk kesehatan. Perusahaan yang berdiri sejak 1981 ini boleh jadi menjadi perusahaan optik terbesar di Indonesia. Sejak berdiri pertama kali di Melawai, Jakarta Selatan, kini Melawai Grup sudah hadir di 300 lokasi.

Lantas, apa strategi Melawai  dalam mengembangkan bisnis ritel optik tersebut hingga bertahan dan membesar seperti saat ini? Eddyanto Hadisurjo, Managing Director Melawai Group mengungkapkannya kepada KONTAN pada Rabu (11/10) lalu.

Pertama, masuk ke semua lini pasar optik. Eddyanto menyebutkan, Optik Melawai memiliki semua produk kacamata dan optik untuk semua kalangan. Baik itu premium, menengah dan juga produk kelas bawah.

Kedua, tanggap dengan perubahan zaman dan mengatasinya dengan mengubah desain dan penampilan gerai. Dari awal berdirinya, Optik Melawai telah mendobrak konsep penjualan produk kesehatan mata dengan membuat optik yang disertai dengan pendingin udara.

“Sekarang kami bikin open concept, kami mengurangi etalase agar pembeli bisa interaksi langsung di gerai kami,” kata Eddy.

Ketiga, Optik Melawai mulai membidik kalangan menengah yang kini menyadari pentingnya kesehatan mata. Sebaran dari kelas menengah tersebut berada di kota-kota kedua.

Keempat, Optik Melawai juga membuat konsep digital, dimana pemesanan produk bisa dilakukan lewat situs optik Melawai, adapun pembayaran bisa dilakukan di setiap gerainya. “Ada 8.000 model frame yang bisa diakses di web kami, sementara di gerai maksimal hanya ada 1.500 frame,” kata Eddy.

Keempat, Optik Melawai mulai menyasar pasar milenial dengan membesut merek kacamata merek Bridges Eyewear.

Kelima, Optik Melawai menggarap pasar grosir optik dengan mendirikan anak usaha bernama Visculo Optical Supply. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×