kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   12.000   0,80%
  • USD/IDR 15.894   36,00   0,23%
  • IDX 7.206   65,50   0,92%
  • KOMPAS100 1.108   12,68   1,16%
  • LQ45 879   12,89   1,49%
  • ISSI 221   1,21   0,55%
  • IDX30 449   6,81   1,54%
  • IDXHIDIV20 541   6,16   1,15%
  • IDX80 127   1,52   1,20%
  • IDXV30 135   0,66   0,49%
  • IDXQ30 149   1,88   1,28%

Catat! Airasia Digital Berubah Jadi MOVE


Selasa, 19 September 2023 / 08:50 WIB
Catat! Airasia Digital Berubah Jadi MOVE
Dari kiri: CEO airasia MOVE Nadia Omer, Executive Chairman MOVE Tony Fernandes, dan CEO BigPay Zubin Rada Khrisnan?saat memperkenalkan MOVE Digital, nama baru?Airsia Digital?di Kuala Lumpur, Senin (18/9).


Reporter: Dimas Andi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - KUALA LUMPUR. Airasia Digital, lini digital dari Capital A, mengumumkan transformasinya menjadi MOVE Digital. Pembaruan nama atau rebranding ini menandai babak baru yang menggairahkan fase pertumbuhan MOVE Digital berikutnya melalui dua entitas bisnis, yakni airasia Superapp dan BigPay.

Pembaruan merek akan diterapkan dalam waktu dekat pada bisnis platform perjalanan di bawah naungan MOVE, yakni airasia Superapp menjadi airasia move. Platform dengan nama baru ini akan muncul di PlayStore pada Desember 2023, sehingga dapat diunduh oleh seluruh pengguna internet termasuk konsumen asal Indonesia.

Co-founder dan CEO Capital A sekaligus Executive Chairman MOVE Tony Fernandes menyampaikan, nama MOVE merepresentasikan perkembangan positif dari lini digital Capital A sekaligus mempertegas komitmen perusahaan untuk terus mengembangkan ide dan inovasi di sektor perjalanan.

Dia menjelaskan, sebelum berganti nama, airasia Superapp telah berkembang secara progresif menjadi platform perjalanan satu atap yang menawarkan nilai tambah dan kenyamanan sejumlah layanan yang terintegrasi dari hulu hingga hilir.

Baca Juga: Sektor Transportasi Memimpin, Saham ASSA dan BIRD Jadi Penyokong Utama

Sejalan dengan itu, BigPay juga membuktikan diri sebagai perusahaan fintech inovatif yang mendukung kehidupan masyarakat Asia Tenggara lewat peningkatan manajemen finansial.

Lantas, airasia Superapp mampu mencatatkan jumlah pengguna aktif bulanan mencapai 15 juta users pada akhir kuartal II-2023. Pada saat yang sama, pertumbuhan pengguna kartu BigPay mencapai 16% secara year on year (yoy).

Kini, setelah rebranding menjadi airasia move, platform ini akan menyediakan berbagai layanan, mulai dari penerbangan, hotel, toko, makanan dan minuman, ride hauling, subscriptions, chat & community, rewards, hingga asuransi dalam satu ekosistem. Layanan yang dihadirkan airasia move pun tergolong lengkap.

Misalnya untuk layanan penerbangan, airasia move tidak hanya menyedikan tiket perjalanan udara dengan maskapai AirAsia saja, melainkan terdapat lebih dari 700 maskapai lainnya yang bisa menjadi pilihan konsumen. Untuk layanan hotel pun demikian, airasia move menyediakan pilihan penginapan lebih dari 900.000 hotel.

Tidak hanya itu, aplikasi airasia move dipastikan bakal terintegrasi dengan BigPay sehingga memudahkan para pengguna untuk menikmati layanan dan transaksi dalam satu platform yang sama. Khusus untuk pengguna di Indonesia, BigPay akan mulai terintegrasi dengan airasia move pada Januari 2024 setelah seluruh proses perizinannya rampung.

"Transformasi ini diharapkan dapat semakin memperkaya pengalaman pengguna, serta menyediakan lebih banyak fitur integrasi BigPay di dalam aplikasi airasia move sesegera mungkin," ujar Tony di hadapan para awak media, Senin (18/9).

Terkait dengan prospek bisnis airasia move di Indonesia, Tony mengaku tidak khawatir dengan persaingan yang ketat dengan para kompetitor platform superapp lainnya seperti Traveloka, Tiket.com, Tokopedia, Gojek, Shopee, maupun Grab.

Sebab, Indonesia memiliki jumlah penduduk besar alias lebih dari 270 juta jiwa dengan tingkat konsumsi yang tinggi, baik konsumsi rumah tangga maupun konsumsi perjalanan dan liburan. Indonesia juga memiliki banyak destinasi wisata yang menarik, bahkan masih banyak sebenarnya kawasan wisata di Indonesia yang belum diketahui atau dieksplorasi para turis. Artinya, banyak potensi pasar yang bisa digali dari Indonesia.

Baca Juga: Punya Rencana Liburan dan Bepergian? Simak Promo AirAsia Superapp Ini

"Tidak mungkin ada satu superapp yang menguasai seluruh penduduk Indonesia. Kami pun bisa memaksimalkan potensi yang ada di Indonesia," terang dia.

Bagi wisatawan, kehadiran airasia move diklaim akan memudahkan mereka dalam mencari tiket perjalanan sekaligus penginapan yang murah di berbagai kota maupun negara, namun tetap dengan pelayanan optimal.

"Kami bisa menerbangkan orang dari Bandung ke London dengan penerbangan terbaik. Setibanya di sana, orang tersebut bisa mencari hotel yang murah. Begitu sebaliknya," pungkas Tony.

Sekadar tambahan, bersamaan dengan transformasi MOVE Digital, Tony juga mengumumkan bahwa Nadia Omer akan menjadi Chief Executive Officer baru airasia move, efektif per 26 Oktober 2023. Sementara itu, Zubin Rada Krishnan tetap menjabat sebagai CEO BigPay.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×