kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,96   -11,56   -1.24%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Caturkarda Depo Bangunan (DEPO) Siapkan Capex Hingga Rp 260 Miliar Tahun Ini


Rabu, 24 Januari 2024 / 05:15 WIB
Caturkarda Depo Bangunan (DEPO) Siapkan Capex Hingga Rp 260 Miliar Tahun Ini
ILUSTRASI. Lebih dari setengah capex DEPO dialokasikan untuk pembangunan gerai baru.


Reporter: Sabrina Rhamadanty | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten perusahaan bahan bangunan PT Caturkarda Depo Bangunan Tbk (DEPO) menyiapkan anggaran belanja modal atau capital expenditure (capex) senilai Rp 260 miliar untuk tahun 2024.

Direktur Caturkarda Depo Bangunan Erwan Irawan Noer menuturkan, lebih dari setengah capex akan dialokasikan untuk proses konstruksi gerai fisik.

“Alokasi modal tersebut 28% adalah untuk perolehan tanah dan bangunan gerai fisik, 56% untuk proses konstruksi gerai fisik, dan sisanya adalah untuk berbagai macam fasilitas pendukung gerai fisik,” ungkap Erwan kepada Kontan.co.id, Selasa (23/1).

Baca Juga: DEPO Bakal Perbanyak Jumlah Gerai

Di akhir tahun 2023, Direktur Depo Bangunan Amanda Grace Kettin membeberkan bahwa Depo akan melakukan ekspansi gerai fisik. Erwan menambahkan, tahun ini ekspansi akan dilakukan dengan membuka empat toko baru.

“Lokasinya tersebar di Surabaya, Depok, Jakarta Selatan, dan Palembang. Semua lokasi yang disebutkan sudah dimiliki oleh DEPO,” ungkap dia. 

Meskipun pembukaan empat gerai fisik ini tidak akan dimulai di awal tahun 2024, penambahan gerai akan tetap memiliki kontribusi terhadap pendapat DEPO secara keseluruhan. 

“Sehingga target kontribusi hanya sekitar 3 % dari omzet perusahaan tahun 2024,” tutur dia.

Penambahan gerai fisik ini merupakan satu dari empat strategi Depo Bangunan untuk meningkatkan pendapatan tahun ini. Sementara tiga strategi lainnya terdiri dari pengembangan produk, peningkatan efisiensi dan proses, dan penguatan fondasi untuk pertumbuhan. 

“Pengembangan produk dilakukan dengan menaikkan margin laba, diversifikasi risiko supply, dan pengembangan kategori dari produk tersebut,” katanya Erwan. 

Baca Juga: Depo Bangunan (DEPO) Incar Pertumbuhan Laba Naik 25% pada 2024

Kemudian, peningkatan efisiensi dan proses dilakukan dengan pengkinian ERP dan POS system serta meninjau kembali SOP DEPO. Serta penguatan fondasi untuk pertumbuhan dilakukan dengan mengelola sumber daya manusia dengan lebih baik lagi.

“Kami juga membekali karyawan dengan pengetahuan dan keterampilan yaitu pembukaan training academy,” tambahnya.

Di tahun 2024, DEPO menargetkan kenaikan pendapatan dan laba yang optimistis jika dibandingkan dengan tahun 2023. 

“Total pendapatan dan laba tahun ini kami targetkan naik sekitar 14% dari tahun lalu, sedangkan labanya naik sebesar 20%,” tutup Erwan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×