kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Cek daftar 20 tempat wisata yang ikut uji coba pembukaan untuk wisatawan


Kamis, 23 September 2021 / 04:10 WIB
Cek daftar 20 tempat wisata yang ikut uji coba pembukaan untuk wisatawan

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Seiring tidak ditemukannya wilayah yang masuk kategori Level 4 di Jawa-Bali pada penerapan PPKM yang berakhir 20 September 2021, pemerintah memperlonggar aktivitas masyarakat. 

Salah satu yang terkena dampak positifnya adalah sektor pariwisata. Melansir indonesiabaik.id, Mentei Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengumumkan, ada 20 tempat wisata yang ikut uji coba pembukaan untuk wisatawan.

Menurut Sandiaga, tempat wisata yang dipilih sudah memenuhi kriteria tertentu. Beberapa kriteria tersebut di antaranya destinasi wisata sudah tersertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environmental Sustainability) dan seluruh karyawan di destinasi tersebut sudah menjalankan vaksinasi.

Secara umum, lanjut Sandiaga, ada beberapa bahan evaluasi uji coba yang akan diterapkan untuk dijadikan bahan evaluasi ke depan. Hal ini dilakukan sebagai upaya dalam membangkitkan kembali sektor pariwisata di masa pemberlakuan PPKM.

Baca Juga: ​Ini ketentuan pembukaan tempat wisata selama PPKM di Level 3 dan Level 2

"Usaha pariwisata akan dibuka kembali secara bertahap dengan memperhatikan aspek kesehatan bukan hanya bagi pengunjung, tapi juga pekerja atau pengelola usaha di tempat wisata," jelas Sandiaga.

Adapun ke-20 tempat wisata tersebut tersebar di lima provinsi, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Jawa Timur. 

Daftar 20 destinasi wisata yang dilakukan uji coba untuk wisatawan, di antaranya:

Baca Juga: UPDATE Corona di Jakarta Rabu (22/9) positif 227, sembuh 287, meninggal 4

DKI Jakarta

  • Taman Impian Jaya Ancol
  • Taman Mini Indonesia Indah (TMII)
  • Kampung Budaya Betawi Setu Babakan

Baca Juga: Pemerintah dorong pariwisata Likupang di era adaptasi kebiasaan baru

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

×