kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,72   -9,77   -1.06%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

CEO Ruang Guru optimisti menjadi unicorn Indonesia


Kamis, 28 Desember 2017 / 21:44 WIB


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bisnis usaha rintisan bidang pendidikan, Ruang Guru semakin tumbuh. Saat ini Ruang Guru memiliki lebih dari 6 juta pengguna serta telah mengelola lebih dari 150.000 guru yang menawarkan jasa di lebih dari 100 bidang pelajaran. Pada 2018, CEO Ruang Guru Belva Devara bilang akan memperluas pasar.

Tak hanya membidik siswa dari SD hingga SMA, Belva bilang Ruang Guru akan membidik pendidikan vokasi. Namun Ruang Guru tidak akan mengambil semua pasar pendidikan vokasi. Belva bilang Ruang Guru tengah meyeleksi pendidikan vokasi mana saja yang permintaanya banyak saat ini dan di masa mendatang.

Demand yang banyak ini kemudian kontennya mana saja yang mudah didigitalisasi. Misalnya kontruksi bangunan dan cara mengelas susah untuk didigitalisasi. Jurusan seperti TIK, akuntansi, asuransi bisa didigitalisasi,” ungkap Belva kepada Kontan.co.id pada Kamis (28/12).

Menangapi dukungan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara agar Ruang Guru menjadi Unicorn Indonesia, Belva tidak banyak komentar. “Soal unicorn, kita amin saja,” kata Belva.

Pendidikan itu pasarnya besar, “kami sekarang sudah yang terbesar di Indonesia. Kami optimis untuk akhirnya bisa lebih besar lagi,” papar Belva.

Belva bilang Unicorn dari start up rintisan membutuhkan waktu 3-5 tahun agar dapat menjadi Unicorn. Asal tahu saja, Ruang Guru sendiri berdiri sejak tahun 2014 dinahkodai oleh Belva Devara dan Iman Usman.

Tahun lalu, Ruang Guru berhasil bekerja sama dengan 32 (dari 34) pemerintah provinsi dan lebih dari 326 pemerintah kota dan kabupaten di Indonesia.

Belva bilang potensi pendidikan Indonesia tergambar dari jumlah siswa Indonesia ada 52 juta orang. Sedangkan populasi Indonesia ada 250 juta. Belva melihat pasar pendidikan di Indonesia hamper seperlima dari populasi Indonesia.

Belum lagi Indonesia sebagai Negara keempat dengan sistem pendidikan terbesar di dunia. Selain itu, kesadaran pendidikan masyarakat Indonesia terhadap pendidikan semakin tumbuh.

Belva juga memaparkan sepanjang 2018, Ruang Guru belum akan mengincar pendanaan baru. Ruang Guru akan membidik pendanaan series C pada 2019. Saat ini memiliki fitur ruang belajar yaitu bimbel online dengan video belajar, latihan soal dan pembahasan serta rangkuman modul bimbel.

Ruangles berupa marketplace les privat baik pendidikan formal maupun nonformal seperti beladiri atau musik. Ruanglesonline merupakan layanan bimbingan belajar on-demand, Ruanguji yaitu tryout ujian online, dan digitalbootcamp yaitu belajar dengan grup online se-Indonesia.

Para pelajar SD-SMA hanya perlu membayar Rp 50.000 untuk menikmati ruangbelajar. Sedangkan Ruangles dan ruanglesonline harganya akan ditentukan oleh guru. Belva bilang Ruang Guru mengambil margin 20-30% dari harga yang ditentukan oleh guru tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×