Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. CEO Tokopedia William Tanuwijaya mengaku belum tertarik untuk merambah pasar internasional dalam waktu dekat ini. Saat ini, salah satu unicorn asal Indonesia itu, masih fokus mengembangkan pasar dalam negeri.
“Tokopedia punya 90 juta pengguna. Kami melihat bahwa potensi terbesarnya ada di masyarakat pedesaan. Jadi strategi berikutnya kami akan go local, bukannya go global,” ujar William di Jakarta, Kamis (10/10).
Baca Juga: Pemerintah masih kesulitan mengatur kepatuhan pajak e-commerce
William mengatakan, mayoritas masyarakat Indonesia masih tinggal di pedesaan. Atas dasar itu, dia merasa pangsa pasar di pedesaan masih sangat menggiurkan untuk digarap.
“Kami merasa Boyolali lebih berpotensi daripada Bangkok dan Surakarta lebih penting dari pada Singapura. Ada 100 juta masyarakat Indonesia yang tinggal di pedesaan,” kata William.
Baca Juga: Tokopedia cetak rekor transaksi Rp 18,5 triliun selama Ramadhan Extra
Untuk menggarap potensi pasar di pedesaan William mengakui masih terdapat tantangan yang harus dihadapi. Salah satunya masalah infrastruktur. Namun, dengan bantuan pemerintah pusat dan daerah, William optimis bisa mendobrak tantangan tersebut.
“Kalau Tokopedia bisa bantu pengusaha desa jadi pengusaha nasional ini akan jadi ruang pertumbuhan berikutnya. Kami menargetkan hingaa 10 tahun ke depan Tokopedia bisa berkontribusi hingga 5% dari perekonomian di Indonesia,” ucap dia.
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "CEO Tokopedia: Boyolali Lebih Berpotensi daripada Bangkok"
Penulis : Akhdi Martin Pratama
Editor : Erlangga Djumena
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News