CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.007,80   -0,91   -0.09%
  • EMAS995.000 -0,10%
  • RD.SAHAM -0.30%
  • RD.CAMPURAN -0.02%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Citra Van Titipan Kilat (TIKI) Targetkan Volume Pengiriman Naik 10%-15% di Tahun Ini


Kamis, 31 Maret 2022 / 20:08 WIB
Citra Van Titipan Kilat (TIKI) Targetkan Volume Pengiriman Naik 10%-15% di Tahun Ini
ILUSTRASI. TIKI


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Citra Van Titipan Kilat (TIKI) mengejar pertumbuhan volume pengiriman. Tahun ini, pemain lama yang telah berkecimpung lebih dari 51 tahun di industri jasa pengiriman tersebut menargetkan bisa mencatatkan kenaikan volume pengiriman 10%-15% dibanding tahun lalu.

Direktur Utama PT Citra Van Titipan Kilat, Yulina Hastuti mengatakan, TIKI optimistis permintaan jasa pengiriman masih akan terus menjanjikan baik pada tahun ini maupun hingga nanti ketika Indonesia sudah memasuki masa endemi (pasca pandemi Covid-19) nanti.

Hal ini lantaran masyarakat sudah terbiasa memenuhi berbagai kebutuhannya secara online di masa pandemi ini.

“Pandemi ini ternyata merubah perilaku masyarakat dari offline ke online. Jadi banyak kebutuhan masyarakat saat ini diperoleh lewat online, sehingga menambah volume kiriman kami,” ujar Yulina dalam acara silaturahmi virtual antara TIKI dengan Kontan.co.id, Kamis (31/3).

Dalam 2 tahun belakangan, pertumbuhan tahunan volume pengiriman TIKI memang berkisar 10%-15%. Untuk melanjutkan pertumbuhan tersebut pada tahun ini, TIKI mengaku siap bersaing dengan kompetitor dengan berfokus pada 3 area, yaitu operational excellence, customer intimacy, dan product leadership.

Baca Juga: Citra Van Titipan Kilat Berencana Tambah 200 Gerai Baru Tahun Ini

Dalam hal operational excellence, TIKI memerhatikan kecepatan, keamanan dan real-time tracking. Caranya, tim operasional TIKI terus melakukan komunikasi dan evaluasi secara berkala terkait strategi operasional dengan melihat perubahan situasi dan pemberlakuan kebijakan oleh pemerintah daerah setempat.

Pada aspek customer intimacy, TIKI mengupayakan kemudahan transaksi mulai dari proses booking, penjemputan barang, hingga pilihan pembayaran, sedangkan aspek product leadership, TIKI berupaya memaksimalkan layanan dengan inovasi layanan berbasis teknologi.

Untuk mendukung hal-hal ini, TIKI juga telah memaksimalkan pemanfaatan teknologi dengan meluncurkan mobile app yang bernama TIKI yang tersedia di Android dan App Store. Dengan kehadiran mobile app ini, pelanggan TIKI bisa melakukan  seluruh transaksi mulai dari cek ongkir, booking, dan tracking via aplikasi TIKI.

Selain itu, TIKI juga telah meluncurkan beberapa produk layanan unggulan terbaru. Salah satu produk layanan unggulan tersebut ialah layanan Jemputan Online atau JEMPOL. Pada layanan ini,  kurir TIKIi akan mengambil barang kiriman ke tempat yang telah ditentukan pengirim, dan tanpa dikenakan biaya atau gratis. Pemesanannya bisa dilakukan melalui aplikasi TIKI.

Produk unggulan lainnya ialah layanan TIKI JEMPUT ANTAR atau disingkat TIKI PUTAR yang diluncurkan pada pertengahan tahun 2020 lalu. TIKI PUTAR merupakan layanan Instant courier dengan jaminan waktu pengantaran hingga 3 jam. Sistem tarifnya flat, dalam artian tarifnya tidak dikenakan berdasarkan jarak antar atau kilometer dengan besaran tarif Rp 15.000 per 2 kg.

Pada awal peluncurannya, TIKI PUTAR baru berlaku untuk wilayah DKI Jakarta, namun saat ini layanan tersebut telah diperluas di kota-kota besar seperti Bandung, Mataram, dan Cirebon. Ke depannya, TIKI masih berencana untuk terus memperluas lagi cakupan layanan city courier ini sehingga diharapkan dapat dinikmati oleh konsumen di kota-kota lainnya.

Baca Juga: TIKI Ajak Generasi Muda Indonesia Mengambil Peluang Bisnis Kurir di Era Normal Baru

Catatan saja, menurut data internal TIKI, layanan mendapat respon yang sangat positif dari pasar, dibuktikan dengan pertumbuhan nilai transaksi hingga 100% di tahun 2021. Di tahun 2022 ini, TIKI menargetkan nilai transaksi TIKI PUTAR bisa kembali tumbuh sebesar 50%.

Produk unggulan TIKI lainnya ialah TIKI SERLOK atau TIKI Seller Online Booking yang juga diluncurkan pada tahun lalu, tepatnya di pertengahan tahun 2020. Pada layanan ini, TIKI usaha online yang belum bergabung dengan marketplace besar dan lebih mengandalkan jaringan media sosial ataupun website sendiri untuk bergabung dalam keanggotaan seller online TIKI.

Lewat TIKI SERLOK, TIKI memberikan anggota kemudahan fasilitas dalam hal pengiriman. Dengan mendaftar menjadi anggota TIKI SERLOK, seller online akan mendapatkan diskon harga hingga sebesar 18 persen, fleksibilitas pembayaran H+2 menggunakan virtual account, fasilitas pick up gratis, hingga bonus dan rewarding seller.

Bagi seller online yang memiliki website, TIKI SERLOK juga dapat diintegrasikan sehingga proses transaksi pengiriman dapat dilakukan sepenuhnya di dalam website tersebut, sehingga dapat merampingkan proses dan meningkatkan pengalaman pelanggan ketika bertransaksi di toko online.

Selain Jakarta, saat ini TIKI SERLOK sudah ada di 50 Agent utama yang tersebar di berbagai wilayah. Saat ini jumlah member SERLOK lebih dari 500 anggota. Tahun ini, TIKI menargetkan jumlah tersebut dapat bertumbuh sekitar 30%-40%.

Terakhir, TIKI juga memiliki produk layanan unggulan terbaru lainnya yang bernama SDS KITA atau Same Day Service Kuliner Nusantara. Lewat layanan ini, TIKI menawarkan layanan  Same Day Service untuk kiriman kuliner agar tiba di hari yang sama.

Saat ini, SDS KITA melayani pengiriman dari Bandung, Denpasar, Palembang, Makassar, Surabaya, Pontianak, dan beberapa kota lainnya ke wilayah tujuan Jabodetabek.

Sejauh ini, TIKI belum ada rencana untuk meluncurkan inovasi layanan baru lagi. “Untuk saat ini kita sedang fokus di layanan yang tadi, JEMPOL, PUTAR, SDS KITA maupun SERLOK,” tutur Yuliana.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Data Analysis with Excel Pivot Table Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×