Reporter: Nadia Citra Surya |
JAKARTA. Tak hanya segmen sedan yang kian ramai. Kelas sport utility vehicle (SUV) juga tak kalah semarak. Lagi-lagi Honda mendominasi. Tak sia-sia Honda menahan penjualan varian CR-V nya Januari lalu. Soalnya, begitu edisi facelift sport utility vehicle tersebut meluncur di pasaran sejak 18 Februrai 2010 dalam 10 hari penjualannya langsung melejit.
Hingga 28 Februari 2010 terjual 1.472 unit di seluruh Indonesia. Dengan pencapaian tersebut, CR-V memberikan kontribusi sebesar 33,22% dari total penjualan Honda yang mencapai 4.431 unit Februari lalu. Sementara di segmen SUV atau yang menurut Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) digolongkan dalam segmen MPV-SUV, CR-V berhasil meraih pangsa pasar sebesar 22,03 % dari total penjualan mobil di segmen tersebut yang mencapai 6.682 unit.
Kencangnya tingkat penyerapan pasar membuat Honda kudu berbenah diri. "Kami akan melakukan penyesuaian produksi untuk tetap mempertahankan supply," kata Jonfis Fandy, Marketing & Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM).
"Namun kami bersyukur bahwa Honda CR-V yang baru diluncurkan pada pertengahan bulan lalu diterima dengan sangat baik oleh pasaran Indonesia dan meneruskan dominasinya di kelas SUV," imbuhnya.
CR-V memang salah satu produk andalan PT HPM yang diproduksi di Indonesia atau termasuk kategori CKD (Completly Knock Down). Hingga Jumat (12/3) pekan lalu, penjualan CR-V telah bertambah 22 unit atau total sejak diluncurkan mencapai 1.494 unit.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News