kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45861,31   -4,94   -0.57%
  • EMAS918.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.42%
  • RD.CAMPURAN -0.06%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.04%

Dahlan Iskan telusuri: Sumbangan Rp 2 triliun Akidi Tio cair, Senin 2 Agustus ini


Minggu, 01 Agustus 2021 / 18:30 WIB
Dahlan Iskan telusuri: Sumbangan Rp 2 triliun Akidi Tio cair, Senin 2 Agustus ini
ILUSTRASI. Keluarga pengusaha Akidi Tio dari hasil penelusuran Dahlan Iskan akan mencairkan sumbangan Rp 2 triliun untuk Covid, Senin 2 Agustus 2021.

Reporter: Titis Nurdiana | Editor: Titis Nurdiana

KONTAN.CO.ID -JAKARTA.  Publik masih menanti kepastian sumbangan segede Rp 2 triliun dari kelurga konglomerat Akidi Tio. Kabar terbaru, sumbangan jumbo Akidi Tio akan cair, Senin 2 Agustus 2021 ini.

Jika ini benar, ini akan menjadi catatan sejarah sumbangan terbesar di Indonesia dari pebisnis Indonesia, bahkan sumbangan Akidi Tio ini akan menjadi sumbangan terbesar ke dua dunia, setelah Bill Gates.

Kabar proses pencaiaran sumbangan Akidi Tio ini terungkap dari unggahan tulisan Dahlan Iskan dalam blognya: disway.id.

Kata mantan Menteri BUMN dalam blognya bertajuk Perjuangan Rp 2 T, dalam penelusuran Dahlan berujung ke perempuan yang ia sebut si Cantik yang mengenal baik dengan anak bungsu Akidi Tio: Heryati .

Tak mengungkap sosok si Cantik, kecuali perempuan dengan lima ‘I’.  Dahlan mengisahkan obrolannya dengan sosok yang Dahlan sebut sebagai sosok terhormat, punya pekerjaan terhormat dan menguasai bahasa Inggris, Prancis, Jerman, hingga Belanda.

Si Cantik  ini mengenal dekat dengan Heryati dan yakin duitnya ada. Keluarga mereka juga sangat dekat. Selain Heryati, si Cantik ini juga mengenal kakak Heryati: Aghwan. 

"Ada. Mungkin paling lambat Senin lusa cair," jawab perempuan itu saat ditanya Dahlan terkait perjalanan sumbangan Rp 2 T dalam tulisan di Diway.id, Minggu (1/8).

Si Cantik ini bisa mengetahui dana sumbangan Rp 2 triliun itu akan cair karena baru menelepon Heryati.

“Saya baru saja telepon Heryanti. Dia bilang begitu," jawab perempuan itu.

Kata si Cantik, uang tersebut ada di bank di Singapura. Uang itu milik ayah Haryanti, Akidi Tio yang biasa dipanggil Aki.

Aki meninggal tahun 2009 di umur 89 tahun, adapun istri Aki. Istri Aki meninggal empat tahun sebelumnya.

Uang itu hasil usaha Aki dengan partner bisnis di Singapura dan Hong Kong. Di sana, mereka juga punya aset dalam bentuk gedung-gedung.

Sosok Akidi Tio juga sedikit terungkap dari Instagram Ketua Majalelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo.

 

Kata Bambang,  Akidi Tio pernah hidup di Palembang.  Akidi memulai bisnisnya dengan usaha kecap sampai memiliki pabrik kecap sendiri.

Akidi Tio, tulis Bambang, memiliki kelenteng di 10 Ulu serta beberapa tempat di Palembang.

Akidi juga memiliki punya Cipta Futura Sawi di Muara Enim.

Penelusuran Kontan di di situs perusahaan, PT Cipta Futura adalah perusahaan sawit terintergrasi dari kebun sampai minyak kelapa sawit di Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatra Selatan.

Berdiri sejak tahun 1989,  perusahaan mengelola perkebunan kelapa sawit seluas 8.381 hektare. Hanya, di situs perusahaan itu tak disebutkan manajemen perusahaan termasuk tak terungkap sosok sang pemilik Akidi Tio.

Kembali ke informasi Bambang Seosatyo, Akidi Tio pernah hidup bersama keluarga Thong Ju, pengusaha China Palembang yang kaya era Presiden Soekarno.

Akidi juga bukan orang sembarangan. Kata Bambang,  paman Akidi adalah Menteri Perdagangan Singapura, tanpa menyebut nama dan eranya. 

Akido Tio juga pengusaha tambang batu dolomit, pembuat pupuk.

Semasa hidupnya, kata Bambang, Akidi Tio pernah bersumpah kepada Thong Ju kalau dia kaya maka ia akan memberikan sumbangan ke rakyat Palembang yang kemudian ia tuangkan dalam surat wasiat yang kini akan keluarga cairkan. 

Dus, jika informasi si cantik lewat cerita Dahlan Iskan ini benar bahwa  sumbangan akan cair Senin 2 Agustus,  sejarah akan mencatat Akidi Tio adalah sosok paling dermawan di  Indonesia dengan sumbangan Rp 2 triliun.

Kita tunggu saja.   

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Bongkar Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing

[X]
×