Reporter: Dimas Andi | Editor: Wahyu T.Rahmawati
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Astra Daihatsu Motor (ADM) berupaya terus meningkatkan branding perusahaan sekaligus penjualan mobil ke segmen konsumen pembeli mobil pertama. Salah satu upaya Daihatsu adalah aktif menggelar acara hiburan bertajuk Daihatsu Kumpul Sahabat.
Rokky Irvayandi, Domestic Marketing Division Head Astra Daihatsu Motor mengatakan, ajang Daihatsu Kumpul Sahabat merupakan program inisiatif Daihatsu untuk lebih mendekatkan diri kepada para konsumen di berbagai daerah Indonesia. Sepanjang tahun ini, Daihatsu Kumpul Sahabat telah digelar di Bekasi, Bandung, Solo, Makassar, dan Sidoarjo. Yang terbaru, ajang ini dihelat Balikpapan pada akhir pekan lalu atau 2--3 November 2024.
Daihatsu Kumpul Sahabat dikemas dengan konsep hiburan yang bisa dinikmati oleh masyarakat setempat sekaligus komunitas mobil Daihatsu hingga komunitas sepeda motor. Ajang ini juga melibatkan berbagai UMKM yang berkesempatan menjual dan mempromosikan produk-produknya selama acara berlangsung.
Khusus di Balikpapan, bukan tanpa alasan Daihatsu memilih kota tersebut sebagai lokasi digelarnya Daihatsu Kumpul Sahabat. Balikpapan dikenal sebagai salah satu pusat ekonomi dan industri energi. Kota ini juga sangat strategis lantaran menjadi gerbang menuju IKN Nusantara. Pertumbuhan UMKM dari berbagai sektor di Balikpapan juga cukup signifikan.
Baca Juga: Peluang Maung Mengaum Menjadi Mobil Nasional
Balikpapan dan termasuk Kalimantan merupakan daerah yang penting bagi Daihatsu. Sebanyak 17% penjualan mobil Daihatsu di Indonesia berasal dari Kalimantan. Pangsa pasar Daihatsu di Balikpapan pun mencapai 25%, atau lebih tinggi dari pangsa pasar Daihatsu secara nasional yang berada di level 19%.
"Model yang berkontribusi besar bagi Daihatsu di Balikpapan adalah Sigra sebanyak 32% dan Gran Max Pick Up 23% yang mana ini ada kaitannya juga dengan pertumbuhan UMKM," ungkap Rokky kepada Kontan.co.id, Minggu (3/11).
Rokky menegaskan, gelaran Daihatsu Kumpul Sahabat ditujukan untuk mendekatkan Daihatsu kepada para konsumennya dengan harapan akan ada peningkatan brand awareness di mata konsumen. Pada akhirnya secara langsung maupun tidak langsung ajang ini dapat menarik minat konsumen baru untuk membeli mobil Daihatsu. Apalagi, Daihatsu turut mengundang komunitas sepeda motor yang diharapkan ikut tertarik membeli mobil.
Baca Juga: APM Memacu Penjualan Mobil Pick Up
"Berdasarkan survei internal kami, 70% pembeli mobil pertama adalah pengguna sepeda motor sebelumnya," tutur Rokky.
Lantas, Rokky berharap ketika konsumen membeli mobil untuk pertama kalinya, maka merek yang paling diingat oleh mereka adalah Daihatsu. Lagi pula, Daihatsu dinilai menjadi mobil yang cocok untuk konsumen pemula berkat keunggulan produk yang memiliki nilai ekonomis tinggi, kemudahan memperoleh cicilan kredit, hingga layanan purnajual yang mumpuni.
"Kami memiliki penawaran paket kredit dengan tenor panjang dan bebas biaya admin yang cocok bagi konsumen pembeli mobil pertama," pungkas dia.
Selanjutnya: Pesawat Pengebom B-52 AS Telah Tiba di Timur Tengah, Peringatan untuk Iran
Menarik Dibaca: Promo McD I Love Monday dan Paket Special McDelivery Edisi Hari Ini (4/11)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News