kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Daihatsu incar pasar 15% dengan Sigra


Kamis, 25 Agustus 2016 / 10:54 WIB
Daihatsu incar pasar 15% dengan Sigra


Reporter: Eldo Christoffel Rafael | Editor: Rizki Caturini

KARAWANG. Agen pemegang merek (APM) mobil Daihatsu berupaya menggenjot penjualan agar bisa merebut kembali posisi kedua sebagai merek mobil terlaris di Indonesia. Karena itu, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) optimistis bisa mendongkrak penjualan dengan produk Daihatsu Sigra.

Penjualan low cost green car (LCGC) berkapasitas tujuh penumpang tersebut digadang-gadang menyamai penjualan low multi purpose vehicle (low MPV) andalan Daihatsu sebelumnya, yakni Xenia. Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran ADM bilang, target penjualan LCGC Sigra 2.000 – 3.000 unit per bulan atau kurang lebih sama dengan Xenia. "Target keseluruhan menguasai pangsa pasar 15% dari 1,05 juta penjualan mobil yang dipatok Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo)," katanya, Rabu (24/8). 

Merujuk data Gaikindo, sampai Juli 2016, Daihatsu telah meraih 16,8% pangsa pasar. Meski pangsa pasar di atas target, namun porsinya masih tertinggal ketimbang kompetitor PT Honda Prospect Motor yang menguasai pangsa pasar 20%. Padahal tahun-tahun sebelumnya, pangsa pasar Daihatsu selalu lebih besar dari Honda. 

Produk lain yang jadi andalan Daihatsu untuk menggenjot penjualan adalah LCGC Ayla, dengan target penjualan 3.000 unit per bulan. Selain meningkatkan penjualan, Daihatsu berupaya melakukan efisiensi produksi tahun ini. 

Rudy Ardiman, Corporate Planning Division Head ADM bilang, Daihatsu berusaha menyeragamkan pemakaian bahan baku dan mengurangi biaya produksi yang tak efektif. "Kami tak bisa mengontrol kondisi makro ekonomi, tapi bisa mengontrol sisi produksi," kata Rudy.

Selain pabrik di Karawang, Daihatsu memiliki pabrik di Sunter. Kedua pabrik tersebut memiliki kapasitas produksi terpasang 530.000 unit. Namun dengan tenaga kerja 11.092 orang per Juli 2016, kapasitas produksi terpakai baru 440.000 unit per tahun.

Tak hanya untuk domestik, pabrik dipersiapkan untuk pasar ekspor. Sudirman Maman Rusdi, Presiden Direktur ADM bilang, Daihatsu sedang mempersiapkan Sigra untuk di ekspor. "Kami sudah tawarkan, tapi belum ada yang konkret. Kami harapkan bisa seperti Wigo yang ekspor ke Filipina," kata Sudirman.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×