kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Daihatsu Maksimalkan Fasilitas Ekspor Pelabuhan Patimban


Senin, 20 Desember 2021 / 16:31 WIB
Daihatsu Maksimalkan Fasilitas Ekspor Pelabuhan Patimban
ILUSTRASI. Pelabuhan Patimban. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/nz.


Reporter: Vina Elvira | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebagai salah satu produsen otomotif dengan kapasitas terbesar di Indonesia, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) turut hadir dan berpartisipasi pada acara penyerahan pengelolaan (hand over) Terminal Kendaraan Pelabuhan Patimban dan ekspor perdana kendaraan di pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat pada Jumat, 17 Desember 2021.

Pelabuhan Patimban yang dibangun oleh konsorsium Jepang dan Indonesia ini resmi diserahkan pengelolaannya, dari semula oleh pemerintah kepada pihak swasta. 

Seremoni penyerahan pengelolaan ini dilakukan langsung oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Senin (20/12), Budi menyatakan bahwa penyerahan pengelolaan pelabuhan ke pihak swasta bertujuan untuk meningkatkan daya saing logistik nasional.

"Lewat dukungan dari swasta nasional, dan Jepang, hal ini dapat meningkatkan indeks logistik nasional. Kolaborasi pelabuhan Patimban dan Tanjung Priok dapat menjadi salah satu basis ekspor kendaraan dalam meningkatkan industri otomotif nasional,” ujar Budi.

Baca Juga: Sejumlah emiten properti dan kawasan industri gencar berinvestasi di Jawa Barat

Pada acara peresmian tersebut, Pelabuhan Patimban langsung melakukan kegiatan ekspor perdananya dengan mengekspor lebih dari 1.200 unit kendaraan ke Filipina, di antaranya beberapa model yang diproduksi oleh Daihatsu untuk brand Toyota seperti Rush, Avanza, Wigo, dan Raize.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), hingga November 2021, ekspor kendaraan roda empat Completely Built Up (CBU) terbesar berasal dari Daihatsu, dengan volume sebanyak lebih dari 108 ribu unit, atau berkontribusi sebesar 40,6% dari total ekspor nasional kendaraan roda empat CBU yang mencapai 267.224 unit.

Produk Daihatsu diekspor hingga ke 75 negara di dunia, mulai dari ASEAN, Asia Selatan, Asia Timur, Timur Tengah, Afrika, hingga Amerika Latin. Selain untuk brand Daihatsu sendiri, Daihatsu juga memproduksi dan mengekspor untuk brand Toyota, seperti model Town/Lite Ace, Avanza, Rush, Raize, dan Wigo; dan Mazda untuk model Bongo.

“Partisipasi ini merupakan bentuk dukungan dan peluang bagi Daihatsu untuk mendukung kegiatan ekspor secara maksimal di pelabuhan Patimban dalam meningkatkan industri otomotif nasional, sekaligus devisa negara,” tutup  Export Import Division Head PT Astra Daihatsu Motor, Johan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×