kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Daihatsu Pertahankan Posisi Ke-2 di Pasar Otomotif Indonesia Selama 14 Tahun Terakhir


Rabu, 18 Januari 2023 / 10:30 WIB
Daihatsu Pertahankan Posisi Ke-2 di Pasar Otomotif Indonesia Selama 14 Tahun Terakhir
ILUSTRASI. Astra Daihatsu Sigra pada pameran otomotif?GIIAS 2021.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pasar otomotif di Indonesia selama tahun 2022 mencatatkan kinerja positif dengan penjualan ritel lebih dari 1 juta unit atau naik sekitar 17,4% dibandingkan periode yang sama tahun 2021 lalu yakni sekitar 863.000 unit.

Sejalan dengan kenaikan pasar otomotif nasional, pada periode yang sama, Daihatsu mengantongi penjualan ritel sebanyak 188.660 unit atau naik 24,9% dibandingkan periode yang sama tahun 2021 lalu sejumlah 151.107 unit.

Secara persentase, kenaikan raihan penjualan ritel Daihatsu selama tahun 2022 lebih besar dibandingkan pasar otomotif nasional. Selain itu, pangsa pasar Daihatsu juga meningkat menjadi 18,6% atau naik sebesar 1,1% dibandingkan periode yang sama tahun 2021 lalu sebesar 17,5%.

Capaian ini juga menjadi catatan penting bagi Daihatsu, karena berhasil mempertahankan posisi peringkat 2 penjualan ritel otomotif nasional selama 14 tahun berturut-turut sejak 2009, serta mencatatkan rekor pangsa pasar tertinggi sepanjang sejarah Daihatsu di Indonesia.

Baca Juga: Intip Kenaikan Harga Mobil Daihatsu Sigra Terkini per Januari 2023

Salah satu faktor utama kenaikan signifikan pasar otomotif, khususnya Daihatsu berkat adanya dukungan pemerintah terhadap industri otomotif melalui insentif PPnBM DTP yang berlangsung sejak selama Kuartal pertama hingga Kuartal ketiga 2022 lalu.

Selain itu, faktor pendukung lainnya yang menyebabkan pasar otomotif nasional kembali menembus volume lebih dari 1 juta unit adalah pertumbuhan signifikan permintaan kendaraan pada segmen SUV.

Ditambah lagi, sepanjang tahun 2022 Daihatsu telah meluncurkan 4 produk barunya yang mewarnai industri otomotif tanah air, seperti Sirion pada bulan Juni 2022 lalu, disusul Sigra (Juli), Rocky (Agustus), dan GranMax (Agustus).

Secara volume dan kontribusi model, penjualan ritel Daihatsu hingga selama tahun 2022 tetap didominasi oleh tiga besar model seperti Sigra sebanyak 47.066 unit atau berkontribusi sekitar 24,9%, disusul Gran Max PU (Pick Up) sebanyak 45.617 unit (24,2%), dan Xenia dengan raihan 23.966 unit (12,7%).

“Kami bersyukur dan mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat Indonesia, sehingga Daihatsu dapat menutup tahun 2022 dengan raihan positif. Capaian ini menjadi catatan penting Daihatsu dalam mempertahankan posisi nomor 2 pasar otomotif di Indonesia selama 14 tahun berturut-turut, sekaligus capaian pangsa pasar tertinggi dalam sejarah penjualan Daihatsu di Indonesia sebesar 18,6%," ungkap Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & CR Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) dalam siaran pers, Rabu (18/1).

Baca Juga: Daihatsu Raih Penjualan Ritel 188.660 Unit Selama Tahun 2022

Lantas, Hendrayadi berharap capaian baik tersebut dapat terus dilanjutkan oleh Daihatsu pada tahun berikutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×