kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,59   -9,90   -1.07%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Daihatsu Raih Posisi Kedua Penjualan Otomotif Hingga April 2022


Kamis, 19 Mei 2022 / 16:06 WIB
Daihatsu Raih Posisi Kedua Penjualan Otomotif Hingga April 2022
ILUSTRASI. Pekerja membersihkan lantai di Tunas Daihatsu. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/foc.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Berakhirnya PPnBM DTP di bulan April 2022 memberi dampak terhadap pasar otomotif Indonesia. Tercatat hingga April 2022, pasar otomotif nasional catatkan raihan penjualan ritel sekitar 320.000 unit, atau naik 24% dibandingkan periode yang sama tahun 2021 lalu sekitar 257.000 unit.

Sedangkan secara bulanan, pasar otomotif sedikit mengalami koreksi pada April 2022 menjadi sekitar 81.000 unit, atau turun sekitar 9% dibandingkan bulan Maret 2022 sekitar 89.000 unit.

Pada sisi penjualan brand, Daihatsu tetap mempertahankan posisi nomor 2 penjualan otomotif nasional dengan raihan penjualan ritel dari Januari hingga April 2022 sebanyak lebih dari 62.000 unit, atau naik 41,8% dibandingkan periode Januari-April 2021.

Pada sisi pangsa pasar atau market share, Daihatsu juga mengalami kenaikan sebesar 2,4% menjadi 19,5% pada periode Januari-April 2022 dibandingkan market share Januari-April 2021 sebesar 17,1%. Hasil ini merupakan kenaikan market share tertinggi di antara brand lain pada periode tersebut.

Baca Juga: Rehat Sejenak, Pasar Otomotif Nasional Tertahan Libur Lebaran

Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) menyampaikan, Daihatsu bersyukur mampu mempertahankan posisi kedua dalam penjualan otomotif nasional hingga April 2022.

“Semoga pasar otomotif tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya, serta pelanggan juga dapat melakukan pembelian mobil Daihatsu di waktu yang tepat seperti saat ini,” ujar dia dalam siaran pers yang diterima Kontan, Kamis (19/5).

Dalam hal penjualan bulanan, segmen LCGC yang masih didukung oleh Diskon PPnBM DTP LCGC berdampak sangat positif terhadap Daihatsu. Tercatat pada bulan April 2022, penjualan LCGC Daihatsu secara total (Ayla dan Sigra) mencapai 5.428 unit, atau naik 13% menjadi dibandingkan Maret 2022 sebanyak 4.811 unit.

Sebagaimana diketahui, saat ini secara makro ekonomi terdapat 4 hal isu terkini yang juga dapat berdampak kepada harga sebuah produk, termasuk kendaraan.

Baca Juga: Penjualan Mobil Daihatsu Mencapai 62.347 Unit Selama Januari-April 2022

Adapun isu tersebut seperti kebijakan kenaikan suku bunga oleh The Fed sebesar 50 bps yang menyebabkan keluarnya arus modal dan depresiasi mata uang. Kemudian, isu Geopolitik seperti perang Rusia–Ukraina yang menghambat pertumbuhan ekonomi global, kenaikan harga bahan baku dan komoditas yang berdampak pada kenaikan biaya di berbagai aspek, serta negara China melakukan lockdown yang berdampak pada perlambatan perkonomiannya, menurunnya penjualan retail dan ekspor-impor, naiknya tingkat pengangguran, serta kelangkaan chip yang kemungkinan masih akan terjadi pada tahun ini.

Di tengah kondisi dari isu di atas, Daihatsu masih tetap berproduksi dengan normal dengan 2 shift dan belum menaikkan harga, sehingga saat ini jadi waktu yang tepat untuk membeli kendaraan Daihatsu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×