Reporter: Rizki Caturini | Editor: Rizki Caturini
JAKARTA. PT Astra Daihatsu Motor (ADM) optimistis tahun ini bisa mencetak pertumbuhan penjualan di pasar domestik. Amelia Tjandra Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor bilang, sepanjang 2011 ADM menargetkan bisa menjual kendaraan roda empat sebanyak 125.000 unit.
Angka ini naik 8,69% dari total penjualan mobil ADM pada 2010 yang sebanyak 115.000 unit. Sekitar 70% total penjualan Daihatsu berasal dari pulau Jawa. "Jakarta berkontribusi sebesar 40% untuk penjualan di Jawa," katanya, Rabu (23/2).
Walaupun penjualan diprediksi meningkat tahun ini, namun pangsa pasar Daihatsu tak banyak berubah dengan tahun 2010 yakni sebesar 15,5%. Pangsa pasar sebesar ini naik tipis sekali dari 2009 yang sebesar 15,4%.
Pertumbuhan ekspor stagnan
Namun, optimisme di pasar lokal tak menjalar ke pasar ekspor. Direktur Utama PT Astra Daihatsu Motor, Sudirman MR bilang, pada 2011 ADM menargetkan penjualan ekspor Daihatsu tak beda dengan tahun 2010 yakni sekitar 15% dari total produksi ADM dalam setahun.
Tahun ini, ADM menargetkan kapasitas produksi sebanyak 330.000 unit. Itu artinya, dengan hitungan kapasitas produksi sebesar itu, target ekspor ADM tahun ini sebanyak 49.500 unit.
Tahun lalu, ekspor ADM hanya sebanyak 34.500 unit dengan kapasitas produksi pabrik sebesar 230 unit per tahun. Dari angka penjualan memang meningkat cukup besar, namun dari pertumbuhan persentase ekspor Daihatsu ke luar negeri diprediksi tidak bergerak.
Amelia menjelaskan, pasar ekspor saat ini memang belum pulih benar, sehingga ADM sulit berekspansi dan mengembangkan pasar ekspornya tahun ini. "Selama ini negara tujuan ekspor kita ke Venezuela, Afrika Selatan, Timur Tengah dan Malaysia," ujar Amelia.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News