kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dapat pendanaan segar, Kickrate.com membantu UMKM menembus pasar ekspor-impor


Jumat, 07 Mei 2021 / 22:16 WIB
Dapat pendanaan segar, Kickrate.com membantu UMKM menembus pasar ekspor-impor
ILUSTRASI. Pekerja melakukan bongkar muat peti kemas di Terminal 3 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (10/12/2020).


Reporter: Dityasa H. Forddanta | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. UMKM seringkali masih terjebak pada praktek birokrasi yang berbelit, terutama di bagian proses logistik dan bea cukai (Customs Clearance). Proses yang konvensional bahkan membuat pengurusan legalitas yang harusnya mudah menjadi lama dan berbelit-belit.

Belum lagi, proses supply chain yang masih belum terpantau dan dikelola dengan baik. Pada 19 April 2021, Kickrate.com diluncurkan sebagai startup yang bergerak pada bidang ekspor/impor di Indonesia. Kickrate.com menyediakan jasa logistik ekspor/impor khususnya bagi perusahaan internasional yang ingin memperbesar pasarnya ke Indonesia, atau yang biasa disebut Importer of Record (IoR).

Kickrate juga dapat membantu UMKM di Indonesia yang ingin mengembangkan pasarnya ke kancah internasional dengan program ekspornya atau yang juga disebut sebagai Exporter of Record (EoR).

Kickrate mendapatkan pendanaan seed investment dari investor yang berada di bawah naungan PT Singa Biru Investama sebesar Rp 2 miliar yang diharapkan mampu menyerap pasar ekspor/impor untuk dapat memperlancar perekonomian Indonesia di kancah internasional.

Baca Juga: Cadangan devisa hingga akhir tahun diprediksi sekitar US$ 136 miliar-US$ 139 miliar

"Visi Kickrate adalah untuk menurunkan hambatan masuk di setiap pasar berkembang,” ujar Direktur Singa Biru Investama, ujar Marlissa Lahi dalam keterangan tertulis, Jumat (7/5). Untuk tahap pertama, Kickrate akan memfokuskan pasar pada region Asia Tenggara. Ke depan, Kickrate akan mengembangkan bisnis ke pasar Asia dan Eropa.

Kickrate bukan hanya sekedar memindahkan atau mengganti proses administrasi semata, tapi juga membantu mengembangkan ekonomi Indonesia. Untuk saat ini platform yang dimanfaatkan adalah platform website yang bisa di akses di www.kickrate.com. Di sana ada tax calculator dan juga simulasi HS code.

Kickrate berharap dengan adanya platform ini pengerjaan kepabean dan perpajakan yang biasanya membutuhkan waktu dan usaha besar dapat menjadi sebuah proses yang lebih mudah.

Baca Juga: Ini faktor yang mempengaruhi perekonomian domestik pada kuartal I-2021 masih negatif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×