kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45949,73   8,09   0.86%
  • EMAS1.029.000 -0,10%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Data 99 Group Menunjukkan Masyarakat Kian Gemar Mencari Properti di Situs Jual Beli


Sabtu, 21 Januari 2023 / 17:25 WIB
Data 99 Group Menunjukkan Masyarakat Kian Gemar Mencari Properti di Situs Jual Beli
ILUSTRASI. Iklan pusat perbelanjaan Senayan City dijual di situs rumah123.com


Reporter: Lamgiat Siringoringo | Editor: Lamgiat Siringoringo

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Sepanjang tahun 2022, tren pasar properti Tanah Air berhasil menunjukkan perubahan pasar ke arah positif.

Hal ini terlihat dari data 99 Group yang mencatat pencarian properti di portal Rumah123.com dan 99.co rata-rata per bulan sebanyak 34 juta, serta waktu yang dihabiskan per kunjungan adalah 5 menit 50 detik secara rata-rata.

Angka ini bertumbuh dibandingkan dengan tahun 2021 tercatat selama 4 menit 23 detik, karena mayoritas pencari properti di platform 99 Group, juga melihat fitur simulasi cicilan KPR yang terdapat pada platform. Selain mencari properti terbaik untuk mereka, pencari properti juga dapat mengukur kemampuan keuangan dalam mencicil KPR. Porsi penambahan ini merupakan sinyal positif akan pemulihan pasar dengan meningkatnya permintaan dari konsumen.

Dari sisi demografi pencari properti tersebut, hampir 51% adalah laki-laki dan 49 persennya adalah perempuan. Tren pergeseran usia konsumen juga tampak dengan dominasi pencari properti generasi muda. Pencari properti berumur 18-24 tahun berkontribusi sebesar 22,0% sementara pencari properti berumur 25-34 tahun berkontribusi sebesar 26,4%. Fakta menarik ini menandai peningkatan kesadaran akan pentingnya kepemilikan properti oleh generasi muda yang terus bertumbuh.

Baca Juga: Pengajuan KPR Melalui Mandiri Festival Properti Indonesia Capai Rp 625 Miliar

"Gen Z, Gen Y sangat attach dengan teknologi, tapi saat dilihat di lapangan, pemangku kepentingan saat melakukan edukasi tidak melakukan hal tersebut. Generasi muda 60% life stage-nya sudah digital, tapi justru informasi yang tersedia secara digital terkait properti malah sangat minimal. Sehingga ada gap, dan menjadi tantangan terbesar. 99 Group sebagai media, mencoba menjembatani gap tersebut." ujar Wasudewan CEO 99 Group Indonesia, dalam keterangannya.  

Sementara itu, rumah tapak masih menjadi tipe properti yang paling diincar oleh para pencari properti, dengan persentase 80 persen. Berdasarkan preferensi harga yang dicari di laman 99.co dan Rumah123.com, properti dengan harga <400 juta mendominasi sebesar 23,1%, diikuti oleh rumah dengan harga Rp1 miliar -Rp2 miliar sebesar 20%. Namun jika dilihat berdasarkan perubahan proporsi sejak tahun 2021, terdapat peningkatan proporsi pada properti dengan harga yang lebih tinggi (>Rp 1 miliar).

Kondisi properti ini tertuang dalam acara Property Outlook 2023, bertajuk “Optimisme Sektor Properti untuk Mendukung Pertumbuhan Ekonomi”. Acara tahunan ini bertujuan menyajikan informasi komprehensif industri properti Indonesia di tahun 2023.

Property Outlook 2023 yang perdana diadakan secara tatap muka ini setelah pandemi, menghadirkan panel pembicara yang merupakan pakar di bidang properti serta pengampu kebijakan terkait.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×