kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45796,59   20,69   2.67%
  • EMAS934.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.78%
  • RD.CAMPURAN 0.40%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.06%

Demi kompetisi produsen Adem Sari, Grup Enesis pasang sistem ERP


Jumat, 01 November 2019 / 18:44 WIB
Demi kompetisi produsen Adem Sari, Grup Enesis pasang sistem ERP
ILUSTRASI. Acara konferensi pers Grup Enesis. Produsen FMCG, Enesis Grup bakal perlebar porsi ekspor (1/11).

Reporter: Agung Hidayat | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Grup Enesis adalah perusahaan Fast Moving Consumer Goods (FMCG) asal Indonesia yang memiliki beberapa brand populer baik di suplemen makanan seperti Adem Sari, Vegeta, Proman juga produk personal care/household yakni Soffel, Kispray, Antis dan lainnya.

Demi memperkuat bisnisnya di masa depan dengan tantangan big data serta Internet Of Things (IoT), perusahaan melakukan ekspansi ke sistem informasi di segala ini.

Baca Juga: KINO akan anggarkan capex Rp 300 miliar di tahun 2020

Penerapan Enterprise Resource Planning (ERP) bakal mendigitalisasi rantai pasok dan produksi perseroan. "Shifting ke digital ini perlu, bagaimana membuat semua data baik terstruktur maupun tidak dapat dipelajari secara langsung dan dianalisa via online," terang Budiman Goh, COO Grup Enesis saat konferensi pers berlangsung, Jumat (1/11).

Lebih lanjut, ia mengibaratkan jejaring digital ini seperti gurita dimana saat ini perusahaan tengah membangun fondasi berupa kepalanya. Nanti dalam waktu kurang lebih tiga tahun tentakel gurita ini bakal bertumbuh dan jejaring digital Grup Enesis tidak hanya dipergunakan untuk core bisnis manufaktur dan distribusi tapi juga untuk medium promosi dan kampanye produk.

"Fokus utama kami nanti di konsumen akhir, lewat jangkauan distributor kami dapat memetakan rencana permintaan atau produk yang dibutuhkan pasar seperti apa," ungkap Budiman. Mengenai target persentase efisiensi, manajemen mengatakan masih terlalu dini diketahui karena perangkat lunak (software) ini baru dua bulan ditanamkan ke perusahaan.

Baca Juga: Bidik pelaku UMKM, Ralali.com gelar hari belanja item grosir nasional

Adapun produk perangkat lunak yang digunakan Enesis ialah bikinan Jerman, yakni SAP Company dengan nama software SAP S/4HANA. Hadir di acara yang sama, Andreas Diantoro, Managing Director SAP Indonesia mengatakan perangkat lunak tersebut bakal mendukung bisnis Enesis dalam menghadapi tantangan industry 4.0

Dimana industri dihadapkan dengan akses data cepat serta realtime untuk berkompetisi. SAP saat ini mengklaim mempunyai lebih dari 400.000 pelanggan di seluruh dunia dengan meraup 73% pangsa pasar perangkat lunak ini.

Sementara itu untuk pemasangan software SAP ini, Grup Enesis menggandeng PT Soltius Indonesia anak usaha dari PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL). Mengenai investasi perangkat lunak ini, Grup Enesis enggan membeberkannya lebih lanjut.

Namun menurut Ketut S. Kamayana, Presiden Direktur PT Soltius Indonesia secara umum ada tiga jenis biaya untuk pemasangan software ini. Pertama, biaya pembelian software itu sendiri, kedua biaya hardware jika software dijalankan di lokasi customer tersebut, lalu ketiga biaya pemasangan software.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×