kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45989,59   -6,37   -0.64%
  • EMAS998.000 -0,60%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Depalindo: Tarif Jasa Angkutan Kapal Turun, Tapi Belum Kembali pada Kondisi Normal


Minggu, 18 September 2022 / 21:57 WIB
Depalindo: Tarif Jasa Angkutan Kapal Turun, Tapi Belum Kembali pada Kondisi Normal
Pekerja melakukan bongkar muat di KM Logistik Nusantara 4 dari Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, Rabu (14/9/2022). Depalindo: Tarif Jasa Angkutan Kapal Turun, Tapi Belum Kembali pada Kondisi Normal.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Dewan Pemakai Jasa Angkutan Laut Indonesia (Depalindo) turut menanggapi adanya tren penurunan freight rate atau tarif jasa angkutan kapal internasional yang terjadi belakangan ini.

Ketua Umum Depalindo Toto Dirgantoro mengakui, saat ini memang terjadi penurunan freight rate untuk beberapa destinasi internasional. Tetapi, level freight rate yang ada pada saat ini belum kembali ke kondisi normal seperti sebelum masa pandemi Covid-19. 

“Freight rate saat ini belum sesuai harapan eksportir. Tetapi, kendala sulitnya pasokan kontainer dan sebagainya sudah dapat teratasi,” imbuh dia, Minggu (18/9). 

Baca Juga: Eksportir Kopi Sebut Tarif Jasa Kapal Rute Internasional Sudah Turun

Teratasinya masalah ketersediaan kontainer tersebut dinilai cukup krusial. Sebab, hal ini membuat kinerja ekspor Indonesia masih cukup baik dalam setahun terakhir, sekalipun ada tantangan berupa freight rate yang cenderung mahal. 

Di sisi lain, Depalindo juga menyebut bahwa kinerja logistik kapal Indonesia masih kalah bila dibandingkan dengan dua negara Asia Tenggara lainnya, yaitu Vietnam dan Thailand. Hal ini patut mendapat perhatian mengingat biaya logistik dapat berdampak pada level kompetitif suatu produk di pasar ekspor. 

“Biaya logistik Indonesia masih kalah dari Vietnam dan Thailand. Dua negara ini jadi benchmark kita. Kalau bisa mengimbangi mereka, maka itu bagus buat ekspor Indonesia,” tandas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×