kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45729,74   -6,98   -0.95%
  • EMAS963.000 3,44%
  • RD.SAHAM -0.69%
  • RD.CAMPURAN -0.34%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Deretan perumahan yang terendam banjir awal tahun 2020


Sabtu, 04 Januari 2020 / 20:46 WIB
Deretan perumahan yang terendam banjir awal tahun 2020
ILUSTRASI. Warga membersihkan rumahnhya pascabanjir yang melanda Kompleks IKPN Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta, Jumat (3/1/2019). Banjir yang disebabkan meluapnya Kali Pesanggrahan di Kompleks IKPN Bintaro itu mulai surut. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/nz

Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Awal tahun baru 2020 dibuka dengan bencana banjir yang melanda beberapa kawasan di Jabodetabek.  Tak hanya fasilitas umum, infrastruktur jalan, dan jembatan, perumahan pun tak luput terendam banjir.

Dalam pantauan Kompas.com, banjir merendam perumahan tapak (landed residence) baik skala kecil, sedang, maupun besar, di wilayah Jadebotabek.

Berikut ini sejumlah perumahan Jabodetabek yang terendam banjir pada 1 Januari 2020:

1. Villa Mutiara Gading

Salah satu Perumahan yang terkena banjir di wilayah Kecamatan Mustikajaya, Bekasi Timur, adalah Perumahan Villa Mutiara. Perumahan tersebut mengalami banjir dengan ketinggian 2 meter.

Penyebab banjir dikarenakan intensitas hujan yang tinggi sejak Selasa (31/12) sore. Tak hanya itu, banjir di wilayah Bekasi juga disebabkan karena adanya kiriman air dari Bogor melalui Sungai Cikeas dan Cileungsi yang menyatu di Kali Bekasi.

2. Serpong Park

Perumahan lain yang juga terendam banjir adalah Perumahan Serpong Park di Tangerang Selatan. Banjir menyebabkan kendaraan tidak bisa melintas dan warga tak bisa melakukan aktivitas. Sebanyak delapan mobil tenggelam setengah tubuh. Bahkan, ditemukan mobil BMW seri 3 hanyut terbawa arus banjir.

3. Villa Taman Kartini

Masih di wilayah Bekasi, salah satu perumahan yang juga terkena banjir adalah Perumahan Villa Kartini. Perumahan yang terletak di Kecamatan Margahayu, Bekasi Timur, dilanda banjir dengan ketinggian dada orang dewasa atau sekitar 1,4 meter.

Diketahui, bahwa banjir di Villa Kartini memang sudah biasa terjadi namun kali ini merupakan banjir terparah dibanding sebelumnya.

Tak hanya itu, masjid di wilayah perumahan tersebut juga terendam air, yaitu Masjid Baiturrahim. Di sekitar Masjid Baiturrahim ketinggian air lebih dangkal, ketimbang di depan kompleks perumahan yang bisa mencapai ketinggian 1,5 meter.

4. Villa Nusa Indah 1

Perumahan Villa Nusa Indah 1 Kelurahan Bojong Kulur, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor terendam banjir hingga mencapai atap. Perumahan yang terletak di Kelurahan Bojong Kulur, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor tersebut terendam banjir hingga mencapai atap rumah atau sekitar lebih dari 2 meter.


Tag


TERBARU

Close [X]
×