kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.482.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.490   -65,00   -0,42%
  • IDX 7.496   -47,74   -0,63%
  • KOMPAS100 1.161   -10,37   -0,89%
  • LQ45 930   -7,66   -0,82%
  • ISSI 225   -1,75   -0,77%
  • IDX30 479   -4,07   -0,84%
  • IDXHIDIV20 576   -4,59   -0,79%
  • IDX80 132   -1,10   -0,82%
  • IDXV30 142   -0,97   -0,68%
  • IDXQ30 160   -1,14   -0,70%

Devoteam G Cloud Gelar Bank Statement Analysis Using Generative AI


Senin, 08 Juli 2024 / 17:01 WIB
Devoteam G Cloud Gelar Bank Statement Analysis Using Generative AI
ILUSTRASI. Devoteam.


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Devoteam G Cloud Indonesia menyelenggarakan acara terkait Financial Service Industry (FSI). Berfokus pada pemanfaatan Generative AI (Gen AI) bagi kemajuan industri finansial, Devoteam G Cloud menyampaikan beragam materi penting yang bisa diadopsi oleh industri tersebut, khususnya Bank Statement Analysis.

Bank memiliki tiga prioritas utama di tengah iklim pasar yang kian dinamis. Untuk kebutuhan tersebut, Google Cloud menawarkan solusi Gen AI yang mampu mendukung prioritas mereka. Dalam industri finansial, use case dalam peningkatan produktivitas melalui Gen AI ini dapat dibagi menjadi 3.

Pertama, pertumbuhan melalui personalisasi dan transformasi. Di era open banking, FSI dituntut memberikan layanan yang personal dan seamless di berbagai platform. Gen AI memungkinkan personalisasi mendalam dengan menganalisis data nasabah dan menghasilkan rekomendasi produk yang relevan. Ini juga membantu FSI menjangkau nasabah di berbagai channel, mendorong pertumbuhan bisnis.

Kedua, efisiensi operasional. Bank terus mencari cara untuk meningkatkan produktivitas. Gen AI bisa memberikan otomatisasi dan kecerdasan tertanam untuk merampingkan proses yang rumit. Gen AI bisa mengotomatiskan proses back-office yang kompleks dan memakan waktu, seperti pemrosesan dokumen dan manajemen risiko. Hal ini meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya operasional, dan memungkinkan karyawan fokus pada tugas yang lebih strategis.

Baca Juga: Dorong Pembayaran Non Tunai, Bank DKI dan Tokopedia Dukung Visi Jakarta Kota Global

Ketiga, manajemen risiko yang lebih baik. Industri FSI menghadapi tekanan regulasi yang ketat. Gen AI membantu FSI menganalisis data dalam jumlah besar secara real-time dan mengelola risiko secara lebih efektif.

“Dengan mengaplikasikan Generative AI ini, kita bisa membangun dan menciptakan proses dan experience dari user menjadi lebih efisien. Itu sangat dibutuhkan bagi industri finansial untuk mengelevasi bisnis mereka,” ungkap Komang Mertayasa, Machine Learning Engineer Devoteam G Cloud dalam keterangannya, Senin (8/7).

Dalam dunia perbankan, business operations biasanya yang dilakukan adalah financial analysis. Analisis ini dilakukan untuk memastikan atau memberikan izin pinjaman, investasi, dan financial planning. Namun, yang terjadi di lapangan, umumnya proses ini cukup memakan banyak waktu, karena tim analyst perlu memeriksa dokumen satu per satu yang jumlahnya sangat banyak, bahkan hingga ribuan. 

Oleh karena itu, sebuah sistem yang baik dan terstruktur diperlukan untuk mendampingi tim analis bank, dan Gen AI bisa diaplilkasikan untuk mengubah proses Bank Statement Analysis tersebut menjadi lebih cepat dan efisien.

Sebagai pemimpin dalam Gen AI, tentunya Google telah memiliki banyak tools untuk membantu hal ini. Penggunaan AI di Google bisa dikelompokkan di Google Workspace dan Google Cloud untuk enterprise.

Google juga memiliki State of The Art model Generative AI yang bernama Gemini. Gemini memiliki kemampuan multimodal yang mumpuni, yang dapat menerima segala jenis data sebagai input-nya. Jadi, beragam perusahaan di industri finansial dapat menerapkan Gemini untuk membantu otomatisasi proses bank statement tersebut.

Baca Juga: Indibiz Ajak Guru Jawa Barat Melakukan Akselerasi Pendidikan Lewat Digital Learning

Dengan mengaplikasikan Gen AI, rekening koran data nasabah bisa diekstraksi dalam waktu yang lebih cepat dan hasil yang lebih tepat. Sistem ini sudah termasuk total debit per bulan, total kredit per bulan, hingga saldo rata-rata per bulan. Ini merupakan solusi yang dapat menyederhanakan pekerjaan tim analis, sehingga bisnis bisa berjalan lebih optimal.

Devoteam G Cloud telah membantu berbagai klien di sektor FSI dengan menyediakan solusi inovatif dan transformatif. Beberapa contoh kontribusi Devoteam meliputi, pertama, Bank Statement Analysis. Devoteam G Cloud telah membantu FSI membangun sistem yang mampu secara otomatis membaca, memahami, dan mengekstraksi data penting dari bank statement.

Teknologi ini memungkinkan penilaian kredit yang lebih cepat dan akurat, peningkatan fraud detection, dan personalisasi layanan keuangan yang lebih mendalam.

Kedua, Generative AI Chatbot. Devoteam telah merancang dan membangun intelligent chatbot untuk layanan pelanggan dan internal knowledge dari FSI. Chatbot ini mampu memahami maksud dari pengguna dan memberikan layanan pelanggan yang responsif dan personal. Selain itu, chatbot ini juga membantu karyawan FSI untuk mengakses informasi internal dan pengetahuan perusahaan dengan cepat dan meningkatkan produktivitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Eksekusi Jaminan Fidusia Pasca Putusan MK Supply Chain Management on Procurement Economies of Scale (SCMPES)

[X]
×