kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.000,18   -10,69   -1.06%
  • EMAS1.131.000 0,27%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dewi Kam, Wanita Paling Tajir di Indonesia Masuk dalam Daftar 10 Orang Terkaya RI


Sabtu, 22 April 2023 / 20:34 WIB
Dewi Kam, Wanita Paling Tajir di Indonesia Masuk dalam Daftar 10 Orang Terkaya RI
Dewi Kam, Wanita Paling Tajir di Indonesia Masuk dalam Daftar 10 Orang Terkaya RI


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Nama Dewi Kam kembali mendadak muncul di daftar urutan 10 orang terkaya Indonesia versi Forbes Real Time. Saat pasar saham tutup jelang libur lebaran kemarin, kekayaan Dewi Kam tembus US$ 4,8 miliar atau setara Rp 71,52 triliun dan berada di urutan ke-8 orang terkaya di Indonesia.

Sementara urutan pertama masih dipuncaki Low Tuch Kwong, pemilik PT. Bayan Resources Tbk (BYAN), produsen batubara yang berlokasi di Kalimantan Timur dan Selatan. Kwong tercatat memiliki kekayaan sebesar US$ 29,5 miliar.

Sementara urutan kedua dan ketiga diduduki Hartono Bersaudara. Forbes mencatat kekayaan R. Budi Hartono sebesar US$ 26,8 miliar dan saudaranya Michael Hartono memiliki kekayaan US$ 25,6 miliar. Sumber kekayaan mereka ini sebagian besar dari Grup Djarum dan PT Bank Central Asia Tbk (BBCA).  

Baca Juga: Simak Daftar 4 Perempuan Super Kaya Indonesia, Siapa Saja Mereka?

Sementara di posisi keempat ada pemilik Indorama Corporation, Sri Prakash Lohia dengan kekaayan bersih sebesar US$ 7,3 miliar. Dan diurutan kelima ada Lim Hariyanto Wijaya Sarwono dengan kekayaan bersih US$ 6,4 miliar.

Kemudian di urutan keenam ada Prajogo Pangestu dengan kekayaan US$ 5,9 miliar dan urutan ke tujuh ada Chairul Tanjung dengan kekayaan bersih US$ 4,9 miliar.

Dewi Kam sendiri ada di urutan ke delapan. Ia lebih kaya dari Tahir dan Djoko Susanto yang masing-masing memiliki kekayaan US$ 4,3 miliar dan US$ 4,2 miliar.

Dewi Kam memang termasuk pendatang baru di daftar orang terkaya di Indonesia. Ia juga sekaligus menjadi orang terkaya perempuan di Tanah Air saat ini. Namanya sudah muncul di daftar 50 orang terkaya Indonesia pada bulan Desember 2022.

Melansir Kompas.com, kala itu, Dewi Kam berada di posisi ke-21 orang terkaya Indonesia dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia versi Forbes.

Baca Juga: Kekayaan 50 Taipan Indonesia di Daftar Forbes 2022 Cetak Rekor Rp 2.808 Triliun

Kekayaan Dewi Kam menurut Forbes kala itu mencapai sekitar US$ 2 miliar dolar AS atau setara Rp 31,2 triliun dengan kurs waktu itu. Saat itu juga ia menjadi perempuan terkaya di Indonesia.

Perempuan yang tahun ini berusia 73 tahun itu, bukanlah anak kemarin sore dalam dunia bisnis. Forbes mencatat Dewi Kam memiliki segudang pengalaman dalam pembangunan dan pengoperasian pembangkit listrik di Indonesia.

Low Tuck Kwong

Menurut Forbes, sebagian besar sumber kekayaan Dewi Kam berasal dari kepemilikan saham minoritas di perusahaan tambang batubara di Ineonsia Bayan Resources.

Saham Bayan Resources naik tiga kali lipat pada 2022 di tengah krisis energi global. Forbes menyebut, Dewi Kam memiliki 10% saham di Bayan Resources. Hal tersebut sekaligus menjadikannya pendatang baru yang masuk daftar orang terkaya Indonesia. 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Outlook 2024, Meneropong saham unggulan di Tahun Politik The Coughing Dragon | Global Market Series - China

[X]
×