kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Di 2014, TOTO berharap bisa tumbuh 10%


Rabu, 04 Desember 2013 / 07:10 WIB
Di 2014, TOTO berharap bisa tumbuh 10%
ILUSTRASI. Tidak Selalu Berakibat Buruk, Ini Manfaat Stres untuk Kesehatan


Reporter: Francisca Bertha Vistika | Editor: Herlina Kartika Dewi

JAKARTA. Produsen keramik dan saniter PT Surya Toto Indonesia Tbk menargetkan pertumbuhan pendapatan sekitar 10% pada 2014. Untuk mendukung ekspansinya di 2014, seperti pembangunan pabrik saniter, fitting, dan kitchen, Toto sudah menyiapkan dana Rp 250 miliar.

Presiden Direktur PT Surya Toto Indonesia Tbk, Hanafi Atmadiredja mengatakan, tahun depan, perusahaan optimistis bisa mencatatkan pertumbuhan pendapatan 10% ketimbang tahun ini. Alasannya, "Pasar domestik Indonesia masih bagus, banyak populasi mudah dan kelas menengah baru serta banyak daerah di luar Jakarta yang masih berkembang," katanya kepada KONTAN, Selasa (3/12).

Selain itu, Hanafi menambahkan, pasar ekspor juga diprediksi bakal membaik di tahun depan. Menurutnya, permintaan produk Toto dari Amerika Serikat mulai menggeliat seiring kondisi ekonomi negara ini yang kian membaik. Tak hanya itu, kenaikan permintaan juga diperkirakan bakal datang dari negara lain, seperti Jepang.

Tahun ini, Surya Toto menargetkan bisa meraup pendapatan sebesar Rp 1,6 triliun. Hingga kuartal III-2013, perusahaan telah meraup penjualan bersih Rp 1,22 triliun, naik 7,01% dari periode yang sama tahun lalu. Perusahaan itu juga mampu meraup laba bersih Rp 202,22 miliar, naik 5% ketimbang periode yang sama tahun lalu.

Untuk mendongkrak penjualan, Hanafi bilang, tahun depan, perusahaan akan merealisasikan rencana pembangunan pabrik saniter, fitting, dan kitchen yang sempat tertunda tahun ini. Tak hanya itu, "Kami berencana membangun kantor pusat Surya Toto yang baru karena kantor yang sekarang sudah penuh," ungkap Hanafi.

Tak hanya itu, Hanafi juga berjanji, tahun depan perusahaan akan meluncurkan berbagai variasi produk baru dengan teknologi baru. Untuk membiayai langkah ekspansi ini, perusahaan itu akan menyiapkan belanja modal sebesar Rp 250 miliar.

Untuk diketahui, sedianya perusahaan berkode emiten TOTO ini akan membangun pabrik saniter baru di Mojo-kerto, Jawa Timur, pada kuartal IV-2013. Hanya saja, rencana itu belum bisa terealisasi lantaran masih terganjal masalah perizinan lahan.

Hanafi berharap, permasalahan lahan bisa selesai awal tahun 2014 sehingga pembangunan pabrik ini bisa dimulai pada pertengahan tahun 2014. Jika tak ada aral melintang, pabrik baru berkapasitas produksi 500.000 unit saniter ini akan rampung dalam dua tahun setelah pembangunan itu dimulai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×