CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.018,33   10,53   1.04%
  • EMAS995.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.30%
  • RD.CAMPURAN -0.02%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Dikabarkan Bakal Bangun PLTGU di Kilang Tuban, Begini Penjelasan Pertamina


Jumat, 04 Maret 2022 / 18:30 WIB
Dikabarkan Bakal Bangun PLTGU di Kilang Tuban, Begini Penjelasan Pertamina
ILUSTRASI. Kilang Tuban


Reporter: Filemon Agung | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pertamina dikabarkan siap membangun Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) untuk fasilitas Kilang Tuban.

Dikonfirmasi terkait rencana ini, Corporate Secretary PT Pertamina Power Indonesia (PPI), Dicky Septriadi masih enggan buka-bukaan lebih jauh terkait kabar tersebut

Dicky hanya memastikan, Pertamina terus melakukan kajian untuk penyediaan energi demi pemenuhan kebutuhan internal.

"Terkait penyediaan energi bersih di lokasi operasi internal Pertamina, kami terus melakukan penjajakan dan studi secara komprehensif agar bisa optimal," ungkap Dicky kepada Kontan.co.id, Jumat (4/3).

Direktur Eksekutif Institute for Essential Services Reform (IESR), Fabby Tumiwa mengungkapkan, pembangunan PLTGU oleh Pertamina dapat dimaknai sebagai rencana Pertamina untuk diversifikasi bisnis ke pembangkitan listrik.

Baca Juga: Pertamina Pastikan Stok Pertamax dan Pertalite Aman

"Strateginya adalah dengan memasok listrik ke fasilitas-fasilitas produksi dan pengolahan milik Pertamina yang merupakan captive market saat ini," jelas Fabby kepada Kontan, Jumat (4/3).

Fabby melanjutkan, Pertamina Power Indonesia tercatat memiliki target gas to power mencapai 5,7 GW hingga 2026 mendatang.

Adapun, jika kemudian PPI memutuskan untuk menggandeng mitra dalam proyek yang direncanakan, Fabby menilai ada sejumlah opsi yang mungkin dilakukan.

"Bisa saja kalau nanti PPI menggandeng mitra yang bakal mengoperasikan pembangkit dan melakukan Operation & Maintenance, karena pengalaman PPI masih terbatas," kata Fabby.

Opsi lainnya yakni dengan mencari equity investor. Menurutnya, menarik atau tidaknya proyek ini bakal bergantung pada bankability dan tingkat pengembalian investasi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Data Analysis with Excel Pivot Table Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×