kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45915,13   5,82   0.64%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ditargetkan Beroperasi Akhir Tahun, Pembangunan Data Center Tier IV Tutup Atap


Rabu, 31 Mei 2023 / 00:17 WIB
Ditargetkan Beroperasi Akhir Tahun, Pembangunan Data Center Tier IV Tutup Atap
ILUSTRASI. Dok. PT DCI Indonesia Tbk


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dina Hutauruk

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT DCI Indonesia Tbk (DCI) dan PT Datacenter Indonesia Sukses Perkasa (DISP) akan segera merampungkan pembangunan fasilitas Pusat Data Tepi atau Edge Data Center E1. Hal itu ditandai dengan seremoni topping off atau tutup atap pada Selasa (30/5).

Edge Data Center E1 milik DISP tersebut berlokasi di di Ariobimo Sentral, Jakarta Selatan. Topping off ini menadai komitmen dan kolaborasi antara DCI Indonesia dan Salim Group dalam menyediakan layanan edge data center bagi para pelaku industri.

Pusat data E1 sendiri merupakan bagian dari DCI Platform yang memiliki kapasitas daya sebesar 18 MW dan dilengkapi sekitar 4.000 rak dalam struktur berlantai 11 dengan luas gedung 30.000 m2. E1 juga akan menjadi data center Tier-IV pertama di pusat kota Jakarta yang akan segera beroperasi di akhir tahun 2023.

Senior Advisor, DCI Indonesia J.C Gani mengatakan bahwa pihaknya sangat bangga dapat memperluas DCI Platform melalui penyelesaian pembangunan data center E1.

Ia bilang, Data Center E1 memiliki klasifikasi tertinggi, yaitu Tier IV. Ini merupakan pertama di pusat kota Jakarta. "E1 akan menyediakan fasilitas infrastruktur yang handal, aman dan dengan latency yang rendah untuk memenuhi kebutuhan digitalisasi yang terus berkembang dari para klien kami," kata dia dalam keterangan resminya, Selasa (30/5).

Pusat data E1 juga memiliki rute fiber ganda dan beragam yang menjamin konektivitas yang handal dan redundant. Selain itu, lokasinya yang strategis dekat dengan IIX (Cyber 1) dan Open-IX (IDC Duren Tiga) sehingga memungkinkan interkoneksi yang cepat, efisien dan meningkatkan kinerja jaringan.

Di era perkembangan digital saat ini, para pelaku industri memanfaatkan layanan cloud, IoT, Artificial Intelligence, dan teknologi yang baru berkembang untuk dapat terus bersaing di pasar. Untuk itu, kehadiran data center E1 dapat memenuhi permintaan infrastruktur data center yang dekat dengan pengguna.

Pelaku industri akan merasakan manfaat yang sangat besar dari sisi kebutuhan penyimpanan, pemrosesan dengan kualitas operasional yang handal dan pertukaran data dengan latensi rendah dan performa tinggi.

Dengan beroperasinya E1 di akhir tahun, DCI Platform mempunyai 2 hyperscale data center dan 1 edge data center, dengan kapasitas total potensi kapasitas daya maksimum yang dapat mencapai 918 MW.

Salim Group Representative, Reginald Hamdani mengatakan, pembangunan gedung data center ini merupakan realisasi kerjasama kedua yang berhasil dijalankan  DCI dan Salim Group dalam meningkatkan digitalisasi di Indonesia. "Dengan adanya data center di pusat kota diharapkan bisa menyediakan layanan yang lebih memadai dari sisi low latency dan konektivitasnya," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×