kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.714.000   12.000   0,71%
  • USD/IDR 16.430   20,00   0,12%
  • IDX 6.657   -8,29   -0,12%
  • KOMPAS100 946   -4,70   -0,49%
  • LQ45 743   -5,05   -0,68%
  • ISSI 209   1,02   0,49%
  • IDX30 387   -2,51   -0,64%
  • IDXHIDIV20 464   -3,22   -0,69%
  • IDX80 108   -0,62   -0,57%
  • IDXV30 110   -0,51   -0,46%
  • IDXQ30 127   -0,96   -0,75%

Ditopang Momentum Lebaran, Penjualan Mobil Diproyeksikan Tumbuh Sekitar 10% - 20%


Kamis, 13 Maret 2025 / 08:35 WIB
Ditopang Momentum Lebaran, Penjualan Mobil Diproyeksikan Tumbuh Sekitar 10% - 20%
ILUSTRASI. Suasana pengunjung hari pertama Indonesia International Motor Show (IIMS) 2025 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Ramadan dan Idul Fitri menjadi momentum bagi sejumlah pabrikan dan diler mobil untuk memacu penjualan. Ini bisa menjadi saat yang tepat untuk mendongkrak penjualan mobil pada bulan Maret 2025./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/13/02/2025.


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Putri Werdiningsih

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ramadan dan Idul Fitri menjadi momentum bagi sejumlah pabrikan dan diler mobil untuk memacu penjualan. Ini bisa menjadi saat yang tepat untuk mendongkrak penjualan mobil pada bulan Maret 2025.

Sales & Marketing and After Sales Director Honda Prospect Motor, Yusak Billy mengungkapkan secara historis, penjualan Honda menjelang ramadan hingga lebaran mengalami kenaikan sekitar 10%-20%. Mobil yang paling laris biasanya adalah segmen entry level seperti Honda Brio dan model Sport Utility Vehicle (SUV). 

Yusak berharap tren positif bakal berlanjut pada ramadan dan lebaran tahun ini, meski pasar otomotif masih belum stabil, sejalan dengan melemahnya daya beli masyarakat.

"Penjualan bulan Maret masih kami monitor, namun kami memproyeksikan ada peningkatan dibandingkan bulan sebelumnya karena didorong momentum Lebaran," ungkap Yusak kepada Kontan.co.id, Rabu (12/3).

Marketing and Customer Relation Division Head Astra International Daihatsu Sales Operation, Tri Mulyono mengungkapkan data historis penjualan unit Daihatsu secara retail sales mengalami tren kenaikan pada momentum ramadan dan lebaran. Rata-rata naik sekitar 10%-15% dibandingkan bulan sebelumnya. 

Sigra, Ayla, Terios, Xenia, dan Rocky, biasanya menjadi mobil Daihatsu yang paling banyak dicari.

"Hal ini terkait dengan meningkatnya kebutuhan dari masyarakat terhadap kendaraan berpenumpang untuk mengakomodasi kegiatan mudik," ungkap Tri.

Baca Juga: Tawarkan Program Big Deal, Hyundai Pacu Penjualan Mobil di Bulan Ramadan

Direktur Marketing Toyota Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy mengamini momentum ramadan dan lebaran menjadi salah satu stimulus yang konsisten bagi pasar. Model yang banyak diminati adalah 7-seater Multi Purpose Vehicle (MPV) dan SUV, serta jenis city car. Meliputi Kijang Innova, Avanza & Veloz, Rush, Calya, dan Agya.

Tetapi Anton belum menaksir perkiraan kenaikan penjualan Toyota pada ramadan kali ini. Sebab, kemungkinan pembelian mobil oleh konsumen sudah ditarik lebih awal pada bulan Februari lalu.

Apalagi dengan adanya gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) dan insentif untuk mobil hybrid.

"Namun, tidak menutup kemungkinan penjualan bulan Maret masih akan positif memasuki momen lebaran," ungkap Anton.

Operation General Manager Hyundai Gowa, Chitra Ortho Prayundityo turut melirik ramadan dan lebaran sebagai salah satu momentum untuk mendongkrak penjualan.

"Di bulan Maret kami prediksi akan ada kenaikan. Ini bisa jadi salah satu momen tertinggi selain Desember. Tapi belum bisa kami bandingkan (peningkatannya) sebelum closing," kata Chitra.

Baca Juga: Volta Luncurkan Program Pembelian Motor Listrik dengan Sistem Sewa Baterai

Tergantung daya beli

Sekretaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Kukuh Kumara berharap tingkat penjualan mobil akan melanjutkan kenaikan pada bulan Maret ini. Pendorongnya adalah Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) yang sebelumnya didapat dari gelaran IIMS bulan lalu, serta tambahan dari penjualan menjelang lebaran.

Namun, Kukuh mewaspadai ganjalan dari daya beli yang lesu, terutama di kalangan kelas menengah.

"Mudah-mudahan (penjualan di bulan Maret) lebih baik dibandingkan Februari. Tapi setelah itu perlu waspada, bisa saja turun. Kelompok kelas menengah yang jumlahnya banyak, daya belinya menurun. Jadi masih cukup berat," ungkap Kukuh.

Baca Juga: Penjualan Mobil Nasional Meningkat pada Februari 2025

Sampai dengan Februari 2025, tingkat penjualan mobil secara wholesales maupun retail sales masih lesu jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Namun secara bulanan, penjualan mobil mengalami kenaikan. 

Penjualan wholesales naik 16,73% dari 61.932 unit di Januari menjadi 72.295 unit pada Februari. Sedangkan penjualan retail sales secara bulanan naik 9,12% dari 64.029 unit menjadi 69.872 unit di Februari 2025.

Selanjutnya: Harga Emas Antam Melesat Rp 12.000 Jadi Rp 1.714.000 Per Gram Hari Ini 13 Maret 2025

Menarik Dibaca: Harga Emas Antam Naik Rp 12.000 Hari Ini 13 Maret 2025

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Survei KG Media

TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Procurement Economies of Scale (SCMPES) Brush and Beyond

[X]
×