kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45937,81   9,46   1.02%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

DLH DKI Jakarta & Chandra Asri Tanda Tangani Kerja Sama untuk Jakarta Recycle Center


Selasa, 20 Oktober 2020 / 13:39 WIB
DLH DKI Jakarta & Chandra Asri Tanda Tangani Kerja Sama untuk Jakarta Recycle Center
ILUSTRASI. Kontan - Chandra Asri Kilas Industri Online


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Chandra Asri Petrochemical bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta untuk Program Jakarta Recycle Center (JRC). Sebagai bentuk partisipasi dan menunjang terciptanya siklus ekonomi sirkular (circular economy), Chandra Asri menyediakan kantong sampah 100% berbahan plastik daur ulang sebanyak 36.000 lembar.

Program ini bertujuan untuk memberikan advokasi kepada masyarakat tentang pentingnya partisipasi aktif seluruh warga dalam pengangkutan sampah terpilah dan terjadwal. Program yang diadaptasi dari Kota Osaki, Jepang ini merupakan wujud implementasi dari Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 77 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Sampah Lingkup RW di mana pemilahan sampah di mulai dari setiap rumah tangga.

Direktur Chandra Asri, Suryandi, mengatakan, penyediaan kantong sampah berbahan plastik yang dapat digunaulang dan didaurulang ini merupakan bentuk upaya kami sebagai produsen yang bertanggung jawab dalam membangun kebiasaan baik masyarakat. Diharapan dengan adanya pembagian kantong sampah tersebut juga dapat memupuk kebiasaan warga agar bisa memilah sampah.

Kontan - Chandra Asri Kilas Industri Online“Dengan pemilahan dan pengolahan sampah diharapkan himpunan sampah dapat berkurang,” kata Suryandi, Kamis (15/10).

Desain kantong plastik sampah terpilah ini mengadopsi desain dari Kota Osaki, Jepang dengan penyesuaian atas masukan dari Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, hasil riset dari mahasiswa Tokyo Institute of Technology, serta bantuan teknis dari Indonesian Plastic Recycler (IPR). Salah satu anggotanya juga merupakan produsen dari kantong plastik sampah terpilah yang ramah lingkungan. Kantong sampah terpilah ini dapat juga didaur ulang kembali sehingga tercipta konsep circular economy.

Selain itu penggunaan kantong plastik terpilah ini dapat mempermudah pendataan keberhasilan pemilahan sampah karena plastik didesain sedemikian rupa sehingga jenis sampah di dalamnya dapat terpantau dengan baik.

Andono Warih, Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menyampaikan, program JRC ini merupakan inisiatif dari Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta untuk mengurangi sampah yang dikirim ke TPA Bantargebang.

“Kami berharap dengan partisipasi dari Chandra Asri dapat membantu meningkatkan kualitas pemilahan sampah dari masyarakat, sehingga semakin banyak sampah yang dapat dikelola.” kata Andono.

Sampai saat ini, program JRC dari DLH DKI Jakarta ini telah melibatkan sekitar 1000 Kepala Keluarga di lokasi komplek Bukit Mas, Ozone, dan Taman Alfa Indah. Setiap warga mendapatkan edukasi untuk melakukan pemilihan berdasarkan delapan kategori yaitu: sisa makanan, plastik, kertas, botol PET & cup, logam, kaca, B3, dan residu. DLH secara rutin mengangkut sampah terpilah tersebut sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

“Target kami program ini dapat diimplementasikan oleh seluruh warga pada Kecamatan Pesanggrahan pada tahun 2023,” kata Andono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×